Sudah 2 Juta Mobil Listrik Tesla Wara-wiri di Seluruh Dunia

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Sabtu, 23 Okt 2021 11:16 WIB
Lyngdal, Norway - August 02 2021: Tesla Superchargers at use at Handelsparken.
Tesla telah mencapai produksi 2 juta unit mobil listrik (Getty Images/Trygve Finkelsen)
Jakarta -

Produsen otomotif Tesla berhasil mencatat penjualan mobil listrik yang sudah tembus 2 juta unit. Capaian positif ini diraih Tesla setelah menjual mobil listrik selama beberapa tahun.

Dikutip dari Inside EVs, Tesla berhasil menjadi produsen kendaraan listrik pertama yang secara kumulatif telah menjual lebih dari 2 juta mobil listrik secara global. Tentu, untuk mencapai rekor tersebut membutuhkan waktu yang cukup lama.

Tesla pertama kali didirikan pada tahun 2003. Selang beberapa tahun kemudian, perusahaan meluncurkan mobil listrik pertamanya yakni Tesla Roadster pada 2008. Tesla kemudian melanjutkan peluncuran mobil listrik yaitu Model S pada 2012, Model X di tahun 2015, Model 3 pada 2017, dan terakhir Model Y di tahun 2020.

Perusahaan milik Elon Musk ini berhasil menyentuh produksi mobil listrik di angka 500 ribu unit pada kuartal keempat 2018. Tesla kemudian meraih angka 1 juta unit produksi pada kuartal kedua 2020.

Produksi kendaraan listrik Tesla mengalami peningkatan dalam 12 bulan terakhir hingga menyentuh 800 ribu unit. Hingga akhirnya, pada kuartal ketiga 2021 Tesla berhasil melampaui penjualan mobil listrik mencapai angka 2 juta unit.

Atas raihan tersebut, saat ini belum ada perusahaan yang berhasil mengalahkan Tesla dalam penjualan kendaraan bertenaga listrik. Wajar saja, karena Tesla terus meningkatkan produksi mobil listrik daripada perusahaan lain.

NEW YORK, NY - APRIL 04: A Tesla car is displayed in a showroom at a Brooklyn Tesla dealership on April 4, 2017 in New York City. As of Monday, the start-up car maker founded by Elon Musk had passed iconic car manufacture Ford in market value, riding a 7 percent share-value surge to a market capitalization of about $48.7 billion.   Spencer Platt/Getty Images/AFP (Photo by SPENCER PLATT / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / Getty Images via AFP)Ada 2 Juta Mobil Listrik Tesla Wara-wiri di Seluruh Dunia Foto: Getty Images via AFP/SPENCER PLATT

Bahkan, meningkatnya jumlah produksi mobil listrik Tesla terjadi saat industri otomotif tengah dihantam krisis chip semikonduktor. Ketika banyak produsen otomotif harus memangkas jumlah produksi mobil di pabrik, namun Tesla justru menjual kendaraannya seperti tidak ada halangan.

Tidak hanya soal jumlah produksi yang meningkat, pendapatan Tesla juga naik sebesar 15% menjadi US$ 13,8 miliar. Angka tersebut merupakan kenaikan yang signifikan, di mana peningkatannya melonjak empat kali lipat dibanding tahun lalu.

Dengan meningkatnya jumlah konsumen yang membeli kendaraan listrik, diprediksi jumlah produksi mobil EV Tesla terus mengalami peningkatan dalam beberapa tahun mendatang. Diperkirakan Tesla akan menyentuh produksi 1 juta mobil listrik per tahun.



Simak Video "Eks Insinyur Tesla: Harga Mobil Listrik Belum Masuk Akal, Harusnya Setara Avanza"
[Gambas:Video 20detik]
(din/din)