Menerka Mobil Baru Honda yang Debut Global di GIIAS 2021

Ridwan Arifin - detikOto
Jumat, 22 Okt 2021 12:30 WIB
Calon mobil baru Honda
Calon mobil baru Honda Foto: Honda Prospect Motor
Jakarta -

PT Honda Prospect Motor (HPM) bakal meluncurkan produk baru bertajuk world premiere pada 11 November 2021 dalam ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021. Kira-kira mobil apa yang bakal diluncurkan Honda?

All New BR-V sebelumnya meluncur World Premiere di Indonesia. Sedangkan pada model sebelumnya, BR-V dan Mobilio menggunakan satu platform. Dugaan pertama mobil yang meluncur global pada GIIAS 2021 ialah Honda Mobilio.

Penyegaran BR-V bisa saja disusul oleh Mobilio, sebab pesaing Avanza, Xpander cs ini juga belum mengalami perubahan besar.

Sejak diluncurkan pertama kali pada 2014, generasi kedua Mobilio yang dipasarkan di Indonesia ini pernah mengalami perubahan sentuhan pada lampu dan bodi. Facelift Mobilio terjadi pada 2017 dan 2019 dengan menggunakan mesin sama.

Penjualan Honda Mobilio secara wholesales (pabrik ke dealer) September 2021 hanya satu unit. Tetapi Honda tidak membenarkan bahwa hal ini untuk menghabiskan stok yang tersisa demi peluncuran produk baru.

Honda juga sempat mengumumkan bocoran siluet produk baru usai meluncurkan All New BR-V. Hanya terlihat buritan lampu, dan lekukan body di balik kain tersebut. Bocoran lain yang terlihat mobil sudah memiliki roof rail layaknya mobil SUV.

Calon mobil baru HondaCalon mobil baru Honda Foto: Honda Prospect Motor

Mobil di segmen small SUV semakin diminati. Secara global, sudah banyak produsen otomotif yang menghadirkan small SUV. Yang terbaru, Toyota Raize, Renault Kiger, Daihatsu Rocky, dan Nissan Magnite.

Honda juga menyiapkan small SUV baru. Honda diketahui bakal memiliki produk baru, dengan kode nama ZR-V. Hal itu diketahui dari sebuah bocoran dokumen pengajuan merek dagang untuk nama 'ZR-V' di India.

Honda akan menghadirkan small SUV baru yang mengusung nama ZR-V. Huruf 'Z' mengacu pada Gen Z atau generasi milenial. Sedang huruf 'RV' merupakan nomenklatur Honda untuk penyebutan produk crossover dan SUV-nya. Nantinya, Honda ZR-V akan diposisikan di bawah CR-V, HR-V, dan BR-V.

Bocoran mobil yang meluncur di GIIAS 2021Bocoran mobil yang meluncur di GIIAS 2021 Foto: Ridwan Arifin

Adapun Honda HR-V baru juga semakin santer bakal diluncurkan di Indonesia, bahkan muncul NJKB baru yang diduga HR-V baru. Tetapi produk ini sudah melantai di beberapa negara lain lebih dulu, misalnya Singapura.

"Kami akan kembali menghadirkan world premiere, dan ini pertama kali di dunia. Sebuah inovasi terbaru dari Honda yang akan kami tampilkan khusus di GIIAS," kata Public Relation & Digital Manager HPM, Yulian Karfili saat konferensi pers, Kamis (21/10).



Simak Video "Berkat Diskon PPnBM, Penjualan Honda di GIIAS Tembus 1.511 Unit"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/lth)