BMW Pamer Sistem Cat Robot: Ngecat Mobil Semudah Ngeprint

M Luthfi Andika - detikOto
Rabu, 06 Okt 2021 17:35 WIB
Sistem pengecatan Robot ala BMW.
Ilustrasi sistem cat robot ala BMW Foto: dok. BMW/Duerr/YouTube
Jakarta -

Kalau selama ini pengecatan mobil dilakukan oleh manusia, BMW memamerkan teknologi terbaru mereka yang disapa EcoPaintJet Pro, satu teknologi pengecatan menggunakan robot. Hasilnya boleh diadu detikers, bersih alus, dan diklaim lebih ramah lingkungan.

Dikutip youtube dan autoblog, BMW kerjasama dengan salah satu perusahaan Jerman Duerr, melahirkan satu robot khusus cat bodi mobil. Sistem kerjanya bisa dikatakan cukup sederhana dengan menyemburkan tinta melalui lubang dari plat yang sesuai dengan desain.

Dijelaskan, EcoPaintJet Pro ini memiliki peran layaknya sebuah printer, namun bedanya robot ini berperan untuk memberian lapisan warna dasar dan lapisan warna bening 2K. Serta bisa melakukan dua warna atau two-tone sekali jalan.

Sistem pengecatan Robot ala BMW.Sistem pengecatan Robot ala BMW. Foto: dok. BMW/Duerr/YouTube

BMW menjelaskan proses pengecatan mobil menggunakan robot ini memberikan banyak manfaat, yang paling nyata ialah sistem pengecatan ini bisa mengurangi biaya semakin rendah. Selain itu robot ini tidak akan meninggalkan semprotan cat berlebih, lebih menghemat waktu, uang air dan bahan kimia pembersih, yang ujung-ujungnya ialah efisien dalam segala hal.

Saat menggunakan sistem cat robot, BMW mengatakan bisa menghemat hingga 7.000 jam atau menghemat hingga 6.000 megawatt listrik, dan hal ini bisa menghemat eisi karbon hingga 2.205 ton.

Untuk membuktikan ketangguhan sistem cat BMW terbaru ini, BMW memilih untuk melakukan pengecatan menggunakan M4 Coupe, hasilnya sangat mulus dan keren. Penasaran, simak prosesnya berikut ini.

[Gambas:Youtube]





Simak Video "Makin Mirip Harley, Ini Tampilan BMW R 18 Transcontinental dan R 18 B"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)