Mobil SUV Listrik BMW iX Laku Keras di Malaysia, Seminggu Dipesan 100 Unit

Luthfi Anshori - detikOto
Jumat, 24 Sep 2021 14:50 WIB
Mobil listrik BMW iX
Mobil listrik BMW iX. Foto: Dok. BMW
Jakarta -

Mobil SUV listrik, BMW iX, rupanya laris manis di negeri jiran, Malaysia. Buktinya, mobil ramah lingkungan buatan pabrikan Jerman tersebut diklaim sudah dipesan sebanyak 100 unit dalam waktu hanya seminggu.

Seperti dikutip dari laman Paultan, Kepala Komunikasi Perusahaan BMW Group Malaysia, Sashi Ambihaipahan memberikan beberapa penjelasan mengenai rencana elektrifikasi di Malaysia.

Tak hanya itu, Ambihaipahan juga mengungkapkan data SPK (Surat Pemesanan Kendaraan) untuk model SUV listrik BMM iX, yang diluncurkan di Malaysia pada akhir bulan lalu.

Menurut Sashi Ambihaipahan, respons konsumen Malaysia terhadap BMW iX sangat baik. "Penerimaannya luar biasa dan kami benar-benar mencapai 100 (pesanan) dalam minggu (pertama). Itu kejutan yang cukup menyenangkan," ujar Sashi.

Meski sudah bisa dipesan sejak sekarang, BMW Group Malaysia baru akan mendistribusikan BMW iX ke konsumen pada tahun 2022. Di Malaysia, BMW iX hanya ditawarkan dalam satu varian, xDrive40, dengan banderol mulai RM 419.630 (Rp 1,4 miliar) on the road (tanpa asuransi).

Pembeli pertama mobil ini akan menerima beberapa fasilitas eksklusif, dari pemasangan gratis instalasi daya wallbox, dan gratis pengisi daya listrik umum ChargeEV selama satu tahun.

Bicara spesifikasi, mobil ini ditenagai oleh motor depan 190 kW (258 PS) dan motor belakang 200 kW (272 PS), untuk output sistem total 240 kW (326 PS) dan torsi 630 Nm.

Baterai lithium-ion 71 kWh menyediakan jangkauan 425 km pada siklus WLTP. Sementara pengisian daya, butuh waktu tujuh jam 15 menit menggunakan pengisi daya AC 11 kW. Mobil ini juga dapat menerima daya pengisian cepat DC hingga 150 kW, mengisi baterai dari 10% hingga 80% dalam waktu sekitar 31 menit.

(lua/din)