Alasan Mengejutkan Polisi Dubai Pakai Supercar Mahal, Bukan Buat Kejar Penjahat

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Rabu, 22 Sep 2021 12:15 WIB
SUV Mewah Genesis GV80 Jadi Mobil Polisi Dubai
Polisi Dubai memiliki banyak mobil operasional mewah, bahkan masuk kategori supercar (Istimewa)
Jakarta -

Kepolisian Dubai bisa dibilang merupakan satuan kepolisian paling bikin iri di seluruh dunia karena mereka punya sederet kendaraan operasional super. Dibekali Lamborghini, Porsche, sampai Bugatti, mobil-mobil mewah itu ternyata punya maksud terselubung.

Bukan rahasia lagi jika Dubai dikenal sebagai rumah kendaraan mewah. Dikenal sebagai salah satu kota dengan kehidupan paling mewah di dunia, mobil-mobil mewah dan langka bisa dengan mudah terlihat berseliweran di jalanan kota tersebut.

Tidak hanya dimiliki oleh orang-orang kaya, mobil-mobil mewah itu juga dipakai oleh satuan kepolisian setempat. Tak tanggung, mobil yang diusung kebanyakan jenis supercar yang harganya mencapai miliaran Rupiah.

Namun, apa alasan sebenarnya polisi Dubai menggunakan mobil mewah sebagai kendaraan dinas?

A Dubai police Bugatti leads a convoy of police vehicles: a Lamborghini Aventador and a Bentley as they drive through the streets of downtown Dubai, February 08, 2014.  Dubai police have introduced top end sports cars to their patrol fleet to further strengthen the image of Alasan Mengejutkan Polisi Dubai Pakai Supercar Mahal, Bukan Buat Kejar Penjahat Foto: AFP PHOTO / MARWAN NAAMANI

Sultan Al Marri selaku Kepala Departemen Transportasi & Penyelamatan Umum Kepolisian Dubai, dalam sebuah wawancara beberapa waktu lalu mengatakan, hadirnya mobil mewah yang digunakan oleh polisi Dubai bukan untuk mengejar penjahat. Penggunaan mobil performa tinggi oleh polisi harusnya memang membantu mereka jika terjadi kejar-kejaran. Tapi bukan itu tujuan utamanya.

Sultan Al Marri mengungkapkan penggunaan mobil mewah dan mahal semata merupakan strategi marketing.

"Itu (penggunaan mobil mewah oleh kepolisian) merupakan sukses besar buat kami untuk memasarkan kota ini dan kesatuan kepolisian kami," kata Sultan.

"Sangat prestisius (untuk pabrikan mobil ) bisa menjadikan Kepolisian Dubai sebagai pelanggannya, banyak dealer dan pabrikan yang ingin menjadi rekan kami. Setelah pabrikan berjuang untuk menjadikan mobilnya bagian dari pasukan kami, maka mereka akan bertahan. Dan banyak orang akan ikutan," lanjut dia.

Alasan lain penggunaan mobil mewah tersebut adalah untuk menarik turis, sekaligus menunjukkan kalau polisi Dubai ramah terhadap siapa saja. Termasuk wisatawan. Maka tak mengherankan kalau beberapa mobil ini hanya melintas di sejumlah tempat wisata untuk menarik perhatian turis.

"Kami tidak hanya ingin memamerkan mobil mewah, tapi kami ingin menunjukkan kepada wisatawan dan masyarakat betapa ramahnya polisi di kota Dubai. Kami juga mencari cara untuk selalu dapat terhubung dengan masyarakat setiap waktu" kata Sultan dikutip dari CNN.

Mobil Sport Baru untuk Patroli Polisi DubaiMobil Sport Baru untuk Patroli Polisi Dubai Foto: Istimewa

Selain itu, polisi Dubai juga ingin menunjukkan kesetaraan gender dalam kalangan petugas polisi. Mobil patroli mewah milik mereka justru lebih banyak dikendarai Polwan.

"Jadi sejumlah mobil paling mahal seperti Ferrari dan Bentley telah dikendarai oleh sejumlah petugas polisi wanita," ungkap Sultan.

Lucunya, Sultan mengatakan banyak masyarakat yang bercanda kepada polisi untuk meminta ditangkap. Alasannya sederhana, mereka ingin mencicipi rasanya naik mobil patroli mewah milik polisi Dubai.

Kepolisian Dubai mulai menggunakan mobil super sejak 2013. Saat itu mereka memilih memakai Lamborghini Aventador sebagai mobil patroli supercar pertamanya.

Selang beberapa tahun kemudian, polisi Dubai kembali menambah deretan mobil patroli mewahnya mulai dari Bugatti Veyron, Ferrari FF, Mercedes-Benz Brabus G-Wagon, Chevrolet Camaro, dan masih banyak lagi.

Bahkan, polisi Dubai juga memiliki Aston Martin One-77 yang masuk dalam edisi terbatas. Hanya diproduksi sebanyak 77 unit di dunia, mobil ini dibanderol mencapai US$ 1,8 juta atau sekitar Rp 26 miliar.

Tidak hanya mengincar mobil mewah bertenaga besar, polisi Dubai rencananya juga akan membeli mobil listrik. Sultan menargetkan, setidaknya 25% mobil patroli polisi Dubai sudah mengusung tenaga listrik di tahun 2030. Saat ini sudah ada dua unit BMW i8 dan tiga Porsche Panamera S E-Hybrid untuk kendaraan polisi Dubai.

"Ini akan menunjukkan dari sisi yang lain bahwa pemerintah dan polisi Dubai sangat peduli terhadap lingkungan," pungkas Sultan.



Simak Video "Penyakit 'Langganan' Supercar di Indonesia, Perbaikinya Rp 110 Juta!"
[Gambas:Video 20detik]
(din/din)