Uniknya Mobil Listrik Konsep BMW, 100% Dibuat dari Bahan Daur Ulang

Luthfi Anshori - detikOto
Selasa, 07 Sep 2021 07:58 WIB
BMW i Vision Circular
Foto: Dok. BMW. BMW i Vision Circular.
Jakarta -

BMW memamerkan mobil listrik konsep terbarunya di Internationale Automobil-Ausstellung (IAA) Mobility 2021, Munchen, Jerman. Yang unik, mobil listrik konsep bernama BMW i Vision Circular itu dibuat dari bahan daur ulang.

Pada ajang pameran kendaraan terbesar di Jerman ini, BMW Group menunjukkan fokusnya untuk memerangi perubahan iklim dunia. Sustainability atau keberlanjutan dan target penurunan emisi CO2 serta langkah-langkah dan konsep konkret untuk mencapai tujuan tersebut.

BMW Group bakal meningkatkan secara signifikan persentase penggunaan bahan sekunder di kendaraannya. Rata-rata, mobil BMW saat ini diproduksi menggunakan hampir 30 persen bahan daur ulang dan dapat digunakan kembali. Dengan pendekatan "Secondary First", BMW Group berencana untuk meningkatkan angka ini berturut-turut menjadi 50 persen.

Di pameran IAA Mobility 2021, BMW Group menghadirkan desain kendaraan yang sesuai dengan prinsip Circular Economy, yakni BMW i Vision Circular. Tujuan desain keseluruhan kendaraan visioner ini adalah untuk menciptakan kendaraan yang dioptimalkan untuk siklus material tertutup dan mencapai tingkat penggunaan 100% bahan daur ulang atau 100% dapat didaur ulang.

BMW i Vision CircularBMW i Vision Circular Foto: Dok. BMW

Selain bahan baku berbasis bio dan bersertifikat, bahan yang telah melewati siklus hidup produk--yang disebut bahan sekunder--digunakan juga di mobil ini. Ini juga berlaku untuk sistem penyimpanan energi: Baterai solid-state BMW i Vision Circular 100% dapat didaur ulang dan hampir seluruhnya terbuat dari bahan daur ulang. Pada saat yang sama, ia akan mencapai kepadatan energi yang jauh lebih tinggi dengan penggunaan sumber daya yang lebih sedikit.

"BMW telah terapkan sirkularitas dalam konsep kendaraan sejak awal ketika merancang BMW i Vision Circular. Itulah mengapa kendaraan visioner ini penuh dengan ide-ide inovatif yang menggabungkan Sustainability dengan desain estetika inovatif dan inspiratif - kami menyebutnya pendekatan Circular Design," jelas Adrian van Hooydonk, Head of BMW Group Design. Circular Design didasarkan pada empat prinsip RE:THINK, RE:DUCE, RE:USE dan RE:CYCLE.

Di bawah payung electric mobility, digitalisasi, dan Sustainability, BMW Group akan menghadirkan empat konsep inovatif untuk mobilitas serbaguna dan berkelanjutan untuk kendaraan roda dua dan empat di ajang IAA Mobility 2021 - selain BMW i Vision Circular.

BMW i Vision CircularBMW i Vision Circular Foto: Dok. BMW

(lua/din)