Mesin 3 Silinder Rocky Irit dan Canggih, Tapi Daihatsu Belum Mau Pasang ke Ayla

Muhammad Hafizh Gemilang - detikOto
Rabu, 06 Okt 2021 10:11 WIB
Jakarta -

Duo Toyota Raize dan Daihatsu Rocky sama-sama menggunakan mesin tiga silinder 1.000 cc turbo dan 1.200 cc. Mesinnya canggih, lebih efisien, dan compact, namun sayang Daihatsu memplot mesin ini hanya untuk Rocky dan belum ada rencana dipasangkan ke Ayla.

Meskipun hadir dengan kode mesin yang sama yaitu 1KR, namun mesin Daihatsu Rocky 1.000 cc turbo ini hadir lebih canggih. Berbeda untuk mesin 1.200 cc-nya, Rocky menggunakan mesin dengan kode WA-VE yang konfigurasinya tiga silinder, sedangkan Ayla menggunakan mesin empat silinder dengan kode 3NR.

Di mesin tiga silinder terbarunya ini, Daihatsu menyematkan beberapa teknologi dan rekayasa baru agar performanya lebih baik. Daihatsu menyematkan dual injector ke mesin ini agar mempercepat suplai bahan bakar ke ruang bakar. Selain itu, perubahan desain saluran bahan bakarnya dibuat lebih sempurna agar tidak ada bahan bakar yang terbuang.

Daihatsu juga memberikan dual line cooling untuk membantu pemanasan mesin yang lebih cepat, agar pengendara tidak perlu banyak waktu untuk memanaskan mobil setelah lama diam. Lalu, dari sektor mesin juga kini lebih ringkas dimensinya dan juga lebih ringan bobotnya.

Nah! Sejumlah pembaruan yang dilakukan Daihatsu ke mesin Rocky ini tentu membuat sensasi mengendarai mobil bermesin tiga silinder menjadi semakin menyenangkan. Namun sayang, pihak Daihatsu mengatakan mesin tiga silinder yang canggih ini belum akan dipasangkan ke Daihatsu Ayla yang notabene lebih terjangkau harga jualnya.

"Saat ini kami belum menyiapkan pengganti mesin Ayla ataupun Sigra. Jadi ini hanya diperuntukan untuk Rocky yang kita jelaskan hari ini," papar Marketing Director dan Corporate Planning & Communication Director Astra Daihatsu Motor, Amelia Tjandra kepada para awak media usai sesi Test Drive Daihatsu Rocky 1.2L di Test Course R&D Center, Karawang, pada Selasa (5/10/21).

"Kalau memang dibutuhkan pada waktunya kita akan lihat. Kalau saat ini belum ada rencana," tambahnya irit.

Perlu diketahui saat ini, Daihatsu Agya tersedia dalam dua pilihan mesin yaitu 1.000 cc tiga silinder dan 1.200 cc empat silinder. Di atas kertas, mesin 1.000 cc-nya ini bisa menghasilkan daya 65 PS di 6.000 RPM dan torsi 86 Nm di 3.600 RPM.

Sedangkan untuk mesin 1.200 cc empat silindernya, Daihatsu mengklaim dapat mengeluarkan tenaga sebesar 88 PS di putaran 6.000 RPM dan torsi 108 Nm di putaran mesin 4.200 RPM.

(mhg/din)