Jangan Ngarep! Daihatsu Xenia Generasi Baru Nggak Dirilis di GIIAS 2021

Muhammad Hafizh Gemilang - detikOto
Selasa, 05 Okt 2021 14:44 WIB
Jakarta -

Ramai isu tentang kemunculan duo Avanza-Xenia generasi terbaru di akhir tahun 2021 ini. Namun dari pihak Daihatsu memastikan bahwa kedatangan MPV sejuta umat ini bukan di pameran otomotif GIIAS 2021 yang rencananya digelar pada November 2021 ini.

Marketing Director dan Corporate Planning & Communication Director Astra Daihatsu Motor, Amelia Tjandra mengatakan bahwa dirinya masih belum bisa memberikan tanggapan tentang kehadiran Daihatsu Xenia generasi terbaru ini.

"Saya sangat kagum dengan kreativitas teman-teman membuat gambar-gambar yang luar biasa. Saya sampaikan apresiasi kekaguman saya. Luar biasa. Tapi kapan akan di-launching produk sebenarnya? Pada waktunya akan saya kasih tahu," papar Amelia kepada para awak media usai sesi Test Drive Daihatsu Rocky 1.2L di Test Course R&D Center (Research and Development) PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Karawang, Jawa Barat pada Selasa (5/10/21).

Amel enggan menjawab perihal tanda kedatangan Daihatsu Xenia generasi terbaru yang kabarnya akan terjadi dalam waktu dekat. Pasalnya, ketika ditanya mengenai kejutan apa yang akan Daihatsu bawa di ajang GIIAS 2021, Amelia mengatakan Daihatsu hanya akan membawa produk yang standar.

"Aduh kalau produk sih standar-standar aja," ujar Amelia irit.

Bagi Daihatsu justru kejutannya adalah dari keikutsertaan Daihatsu di ajang GIIAS 2021 ini.

"Kejutannya, kami bersyukur bisa ikut. Tadinya kan, tanda tanya yah, jadi apa enggak ini? Kejutan lah, (GIIAS) bisa ada lagi," papar Amelia.

Rumor kedatangan duo Avanza-Xenia generasi terbaru ini panas berkat kemunculan kode NJKB (Nilai Jual Kendaraan Bermotor) mobil baru merek Toyota dan Daihatsu.

Seperti tertuang di dokumen Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) No. 40 Tahun 2021 tentang Penghitungan Dasar Pengenaan Pajak Kendaraan Bermotor dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor Tahun 2021, ada beberapa kode yang diduga kode baru dari Avanza dan Xenia.

Dalam lampiran tersebut, Daihatsu mendaftarkan kode W100RG untuk tipe mesin 1.300 cc, dan W101RG untuk kapasitas 1.500 cc. Pun demikian dengan Toyota, ada kode baru W100RE (mesin 1.300 cc), dan W101RE (mesin 1.500 cc).

Kedua kode produk baru tersebut tersedia opsi transmisi manual dan CVT. Bahkan tercantum teknologi keselamatan terbaru ASA (Advanced Safety Assist) dan TSS (Toyota Safety Sense) untuk model tertinggi. Kedua fitur itu, sebelumnya sudah ada di Daihatsu Rocky dan Toyota Raize tipe tertinggi.

Senada dengan Daihatsu, Toyota pun enggan berkomentar akan rumor kedatangan Avanza-Xenia generasi terbaru ini. Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy belum mau berkomentar lebih lanjut soal kode mobil baru tersebut. "Saya belum bisa komen mas untuk product baru," singkat Anton, dikonfirmasi detikOto.

Meskipun pihak APM (Agen Pemegang Merek) Daihatsu dan Toyota enggan berkomentar, angin segar datang dari pihak dealer.

Salah seorang wiraniaga dealer Toyota, yang ditemui detikOto beberapa waktu lalu, mengungkapkan bulan peluncuran dan estimasi kenaikan harga Avanza baru.

"Avanza nanti mau naik kelas. Dia nanti harganya bakal naik Rp 30 juta. Nanti bulan 10 (Oktober) infonya berubah bentuk. Kan kalau kemarin tahun 2019 facelift. Kalau sekarang, model baru," kata wiraniaga dealer Toyota, yang enggan disebut namanya itu.

(mhg/rgr)