Geely Mau Bikin Satelit Buat Pandu Mobil Otonom dari Luar Angkasa

Luthfi Anshori - detikOto
Rabu, 06 Okt 2021 06:54 WIB
182062885
Geely mau bikin satelit untuk dukung teknologi mobil otonomnya. Foto: iStock
Jakarta -

Kabar mengejutkan datang dari negeri tirai bambu, China. Zhejiang Geely Holding Group, selaku induk perusahaan otomotif Geely mulai memproduksi satelit untuk menciptakan jaringan navigasi dengan tingkat presisi tinggi. Teknologi satelit itu dibuat untuk memandu mobil self-driving (otonom).

Dikutip dari laman Asia Nikkei, perangkat satelit tersebut akan dikembangkan secara independen oleh anak perusahaan Geely Geespace. Tentu dengan proses manufaktur yang juga akan ditangani oleh anak perusahaan grup mereka.

Menurut informasi yang beredar, satelit ini bakal diproduksi dalam jumlah banyak dengan target tahunan 500 unit. Produksi satelit ini juga telah dimulai di Taizhou, Provinsi Zhejiang. Masuknya Geely sebagai produsen satelit menjadi kabar besar karena bidang ini sebelumnya dikuasai perusahaan pembuat teknologi militer.

Geely berencana untuk membuat jaringan satelit orbit rendah yang mengitari bumi. Perangkat ini akan mengirimkan informasi posisi yang tepat ke mobil self-driving.

Industri luar angkasa China sendiri memiliki hubungan dekat dengan Tentara Pembebasan Rakyat (PLA). Manufaktur satelit sebelumnya menjadi domain perusahaan yang berafiliasi dengan kelompok militer.

Tetapi di sisi lain, sudah mulai ada perusahaan swasta di Amerika Serikat yang terjun ke bisnis luar angkasa, dan mengolaborasikannya dengan industri otomotif. Hal itu yang akhirnya mendorong Geely untuk ikut memasuki bisnis satelit sebagai suatu keharusan untuk memperluas pemasaran mobilnya.

Di samping itu, Pendiri dan Ketua Geely, Li Shufu, juga diketahui dekat dengan Presiden China Xi Jinping, karena Geely bermarkas di Provinsi Zhejiang, tempat Xi pernah menjabat sebagai sekretaris partai di sana. Dengan kedekatan itu, Geely semakin mudah untuk menentukan strategi bisnis yang menguntungkan baginya.

(lua/din)