Hyundai Ioniq 7 Panaskan Persaingan Pasar Mobil SUV Listrik Bongsor

Luthfi Anshori - detikOto
Selasa, 14 Sep 2021 12:35 WIB
Hyundai Ioniq 7
Hyundai Ioniq 7. Foto: Dok. Hyundai
Jakarta -

Hyundai masih memiliki banyak amunisi kendaraan listrik. Terbaru, pabrikan asal Korea Selatan ini siap meramaikan pasar mobil SUV listrik bongsor alias besar, dengan memperkenalkan Hyundai Ioniq 7.

Seperti dikutip dari Autoindustriya, Hyundai berencana memperkenalkan Ioniq 7 pada tahun 2024. Ioniq 7 akan menemani mobil listrik yang sudah ada sebelumnya seperti Hyundai Kona Electric, Ioniq Sedan, dan Ioniq 5.

Ioniq 7 akan diposisikan sebagai kendaraan listrik flagship Hyundai yang mengusung teknologi pengemudian otonom, dengan nama Highway Driving Pilot Tech. Mobil ini juga dikatakan bakal memiliki tiga baris kursi, yang artinya mampu menampung kapasitas 7 penumpang.

Berdasarkan laporan, Ioniq 7 akan dipersenjatai paket baterai 100 kWh yang sangat besar, sehingga mampu menjangkau jarak 483 km dan akan memiliki tenaga dengan besaran mencapai 308 PS.

Dalam hal desain, Ioniq 7 kemungkinan akan memiliki desain yang futuristis, dengan model lampu DRL dan lampu utama LED di bawah yang mirip dengan desain MPV Hyundai Staria.

Hyundai Ioniq 7Hyundai Ioniq 7 Foto: Dok. Hyundai

Dari samping, Ioniq 7 menampilkan gambar siluet SUV yang gagah, dengan desain bodi tegas, pilar kaca dan over fender besar, serta ground clearance tinggi dan profil pelek yang juga tampak besar.

Spesifikasi detail mengenai EV (Electric Vehicle) Ioniq 7 memang belum terungkap sepenuhnya. Namun mobil ini dipastikan mengusung platform E-GMP. Selain itu, sebelum mobil ini dirilis, kemungkinan mobil sedan listrik Ioniq 6 akan diperkenalkan terlebih dahulu.

Hyundai berencana meluncurkan lebih banyak kendaraan tanpa emisi (ZEV) dalam waktu yang tidak terlalu lama. Pabrikan kondang ini memiliki ambisi untuk menjadi perusahaan yang lebih ramah lingkungan. Hyundai pun akhirnya menjadikan merek Ioniq sebagai sub-brand EV-nya.

(lua/din)