Mobil Listrik Bakal Makin Murah, Boujun KiWi Ini Harganya Mulai Rp 154 Juta

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Sabtu, 04 Sep 2021 13:41 WIB
Mobil listrik Baojun KiWi
Baojun KiWi Foto: Tomas Wang/Baojun KiWi/GM
Jakarta -

Perusahaan gabungan SAIC-GM-Wuling resmi meluncurkan mobil mini listrik Baojun KiWi di China. Sama-sama mengusung mobil listrik kompak, Baojun KiWi digadang sebagai saudara dari Hongguang Mini EV namun dengan fitur yang makin canggih.

Dikutip dari Auto Evolution, Baojun KiWi merupakan penerus dari generasi Baojun E300 yang telah diluncurkan pada pertengahan tahun lalu di China. Namun, Baojun KiWi menawarkan spesifikasi lebih mumpuni.

Kendaraan listrik Baojun KiWi berbasis pada E300 Plus yang merupakan varian terbesar dari mobil mini tersebut. Kapasitas Baojun KiWi mampu membawa empat penumpang, serta memiliki kapasitas baterai yang lebih besar dan jangkauan mengemudi yang lebih jauh.

Soal desain, Baojun KiWi punya bentuk kubus yang mengingatkan pada mobil Hongguang Mini EV. Namun, Baojun KiWi tampil lebih futuristik serta didukung oleh teknologi yang makin canggih.

Baojun KiWi EV mengadopsi perangkat lunak Baojun Telematics System 2.0 terbaru yang menghadirkan teknologi cerdas. Sejumlah fiturnya seperti interaksi suara kecerdasan buatan, navigasi jalan, fungsi aplikasi WeChat yang dapat dikendalikan lewat suara, konektivitas melalui smartphone, dan pembaruan software lewat Over the Air.

Mobil listrik Baojun KiWiMobil listrik Baojun KiWi Foto: Tomas Wang/Baojun KiW

Mobil listrik mungil ini hadir dengan enam pilihan warna mulai dari Rouge, Sable, Emerald, Azure, Cream, dan Mint. Selain itu, kombinasi tiga warna bodi digunakan dengan aksen kontras pada bagian atap, grill, kaca spion, trim, dan velg ban.

Baojun KiWi punya dimensi bodi dengan ukuran panjang 114 inci (2,89 meter), lebar 65,2 inci (1,65 meter), tinggi 62,8 inci (1,59 meter), dan punya wheelbase berukuran 79,5 inci (2,01 meter).

Seperti generasi pendahulunya, Baojun KiWi dilengkapi dengan motor listrik yang dipasang pada gandar belakang dengan daya sebesar 40 kW dan torsi puncaknya 150 Nm. Mobil mungil ini dapat melaju hingga kecepatan maksimal mencapai 100 km/jam.

Paket baterai pada Baojun KiWi listrik ini menawarkan jangkauan jarak yang cukup mumpuni hingga sejauh 305 km. Hadir juga pengisian daya cepat DC yang bisa mengisi penuh baterai kendaraan dalam waktu satu jam saja.

Baojun KiWi hadir dengan dua varian yakni KiWi listrik Designer dan KiWi listrik Artist. Soal harga, KiWi Designer dibanderol sebesar 69.800 Yuan atau sekitar Rp 154 juta, sedangkan KiWi Artist dijual dengan harga 78.800 Yuan atau setara Rp 174 juta.

Memang harga yang dipatok oleh GM-SAIC-Wuling untuk Baojun KiWi lebih mahal ketimbang Hongguang Mini EV yang cuman Rp 64 juta saja. Namun jika melihat spesifikasi dan teknologi yang diusung Baojun, wajar jika punya banderol lebih mahal.



Simak Video "Harga Rp 600 Jutaan, Ini Tiga Mobil Listrik Termurah di Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)