Spesifikasi Nissan Leaf Terbaru di Indonesia: Harga, Fitur, dan Varian

Ridwan Arifin - detikOto
Kamis, 19 Agu 2021 19:21 WIB
Konvoi kendaraan listrik dari Jakarta menuju Serpong
Nissan Leaf Foto: Nissan Motor Indonesia
Jakarta -

Nissan Leaf resmi bisa diboyong masyarakat Indonesia pada Rabu (18/8/2021). Ini merupakan mobil ramah lingkungan kedua yang dibawa PT Nissan Motor Distributor Indonesia (NMDI), setelah sebelumnya merilis Kicks e-Power pada 2020. Nah, bagaimana spesifikasi Nissan Leaf untuk pasar Indonesia? berikut ini ulasannya!

Presiden Direktur PT NMDI, Evensius Go menyebut sudah lebih dari 500 ribu unit Nissan Leaf tersebar di dunia. Indonesia kemudian menjadi pelabuhan Nissan Leaf, setelah sebelumnya meluncur lebih dulu di Thailand, Filipina dan Malaysia. Padahal mobil listrik ini sudah diperkenalkan sejak 2019 lalu.

"Kenapa baru launching padahal sudah sudah satu atau dua tahun lalu sudah dibawa Nissan Motor Indonesia? Ini untuk mendukung program pemerintah dalam elektrifikasi, pemerintah sedang gencar dalam mobil listrik roda 4 dan 2, kami nilai saat ini paling tepat untuk meluncurkan Nissan Leaf di Indonesia," tanggap Presiden Direktur Nissan Motor Distributor Indonesia, Evensius Go saat peluncuran virtual, Rabu (19/8/2021).

Nah, bekal seperti apa yang dibawa Nissan Leaf untuk bisa menggaet konsumen di Indonesia? sebab terdapat beberapa perbedaan spesifikasi yang ditawarkan oleh Nissan LEAF yang saat ini resmi dijual dengan yang dipamerkan di Indonesia sejak 2019 lalu. Simak yuk!

Desain Nissan Leaf

Nissan Leaf merupakan mobil bergaya hatchback namun memiliki desain yang mirip-mirip dengan mobil konvensional. Di bagian depan, grille V-motion khas mobil Nissan tetap dipertahankan. Hanya saja dibalut nuansa warna biru jernih, yang menjadi ciri utama Nissan Leaf bersama dengan lampu utama berbentuk boomerang di bagian depan dan belakang, termasuk pada Daytime Running Lights (DRL) berteknologi LED. Sementara aksen pada bumper belakang yang berwarna biru, juga mengidentifikasinya sebagai mobil listrik Nissan.

Nissan Leaf resmi meluncur di IndonesiaNissan Leaf resmi meluncur di Indonesia Foto: Nissan Motor Indonesia

Nah, masuk ke dalam interiornya, Nissan Leaf menyuguhkan tata letak yang terpusat pada pengemudi, dengan setir Flat-Bottom Sporty berlapis kulit dan dilengkapi tombol multifungsi. Untuk panel instrument menggunakan layar 7 inci serta kursi berlapis Kulit Alcantara.

Perbedaan Nissan Leaf yang pertama dari mobil yang diperkenalkan pada GIIAS 2019 lalu ini terletak pada sistem infotainment, kini mengusung headunit layar sentuh 8 inch, termasuk dengan koneksi Bluetooth, Voice Command, dan dapat terhubung dengan ponsel pintar melalui Apple CarPlay dan Android Auto.

Test drive Nissan LEAF di Madrid, Jumat (31/5/2019)Interior Nissan Leaf Foto: Dadan Kuswaraharja

Performa dan waktu pengecasan baterai

Nissan Leaf dibekali baterai lithium-ion 40 kWh yang memungkinkan dapat menempuh jarak sejauh 311 km dalam sekali pengisian daya (charging) berdasarkan hasil test New European Driving Cycle (NEDC).

Nissan mengklaim sudah menguji kualitas dan ketahanan yang paling ketat, termasuk uji banjir dan uji petir.

Motor listrik yang diusung All-New Nissan Leaf menyuguhkan limpahan tenaga maksimum hingga 110 kW atau setara dengan 150 PS di 3.283 - 9.795 rpm dan torsi maksimum 320 Nm di 0 - 3.283 rpm. Hal ini membuatnya dapat berakselerasi 0 - 100 km/jam dalam 7,9 detik dengan kecepatan maksimal 155 km/jam. Oiya, Nissan Leaf juga dijejali 4 pilihan mode berkendara, yakni D-Mode, B-Mode, ECO-Mode, dan B+ECO-Mode.

Nissan LEAFNissan Leaf Foto: Nissan

Ada tiga metode pengisian untuk Nissan Leaf, pertama menggunakan fasilitas quick charging di SPKLU (Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum) ini disebut hanya memerlukan waktu sekitar 40 sampai dengan 60 menit saja saat pengisian baterai.

Ini juga merupakan hal baru dari Nissan Leaf yang dipasarkan di Indonesia, di mana sudah menggunakan standar sistem plug charger SPKLU yang umumnya dipakai di Indonesia, yakni type 2.

Kedua, Nissan juga memberikan promosi berupa pemberian home charger beserta proses instalasinya. Sementara untuk pembelian Corporate dalam jumlah tertentu (fleet) akan dipasangkan satu unit charging station di lokasi kantornya. Saat menggunakan pengisi daya home charger akan menarik daya hingga 7.4 kw (AC), dan dapat mengisi penuh baterai dalam waktu 5 hingga 7 jam.

Ketiga, pemilik Nissan Leaf dapat mengisi daya dengan pengisi daya Portable yang menarik daya 3,3 kW. Penggnaan metode ini memungkinkan baterai dapat terisi penuh dalam waktu 12 hingga 15 jam.

Fitur-fitur Keselamatan Aktif dan Pasif

Dibanderol lebih dari setengah miliar di Indonesia. Tentu saja Nissan Leaf menawarkan sistem teknologi kekinian.

Spesifikasi fitur yang jadi unggulan Nissan ialah penggunaan e-Pedal, yang memungkinkan pengemudi memulai berkendara, akselerasi, deselerasi, dan berhenti menggunakan hanya satu pedal dengan menambah atau mengurangi tekanan pada pedal gas. Ketika akselerator dilepaskan sepenuhnya, rem regeneratif dan friksi akan bekerja secara otomatis, membuat mobil berhenti total.

Nissan LEAF juga dilengkapi dengan sederet fitur keamanan aktif yang akan selalu menjaga, merespon, dan melindungi pengemudi dan penumpang agar tetap selamat. Berbagai fitur keselamatan yang dimiliki mobil ini antara lain:

- Forward Collision Warning (FCW)
- Forward Emergency Braking (FEB)
- Intelligent Trace Control (ITC)
- Vehicle Dynamic Control (VDC)
- Hill Start Assist (HSA)
- Anti-Lock Braking System (ABS) with Brake Assist (BA)
- Intelligent Around View Monitor (I-AVM) with - Moving Object Detection (MOD)
- Driver Attention Alert (DAA)
- Electronic Parking Brake (E-PKB)

All-New Nissan LEAF juga dilengkapi dengan Dual SRS Airbag, Side Airbag dan Curtain Airbag serta telah mendapatkan penghargaan peringkat keselamatan bintang 5 pada JNCAP (Japan New Car Assessment Program), Euro NCAP, Australia ANCAP dan US NHTSA (National Highway Traffic Safety Administration).

Nissan LeafNissan Leaf Foto: Nissan Motor Distribusi Indonesia

Harga Nissan Leaf

Khusus pasar Indonesia, Nissan Leaf dijual dengan pilihan one tone dan dual tone yang hadir dalam 11 warna. Berikut harga OTR Jakarta saat peluncuran:

  1. Nissan Leaf One Tone Rp 649 juta
  2. Nissan Leaf Dual Tone Rp 651 juta

Setiap pembelian Nissan LEAF akan mendapatkan warranty kendaraan selama 3 tahun atau 100.000 km, warranty untuk baterai selama 8 tahun atau 160.000 km serta bebas biaya perawatan selama 5 tahun atau 70.000 km.

NISSAN LEAF
Spesifikasi Utama
Tipe:Hatchback Listrik
Mesin:Motor listrik Kode EM57/ Type AC3 Synchronous
Tenaga:110 kw (150 PS.) / 3283 - 9795 rpm.
Transmisi:Single speed gear reduction
Jenis Baterai:Lithium Ion 40 Kw
Jumlah Kursi:5
Harga:
  1. Nissan Leaf One Tone Rp 649 juta
  2. Nissan Leaf Dual Tone Rp 651 juta

*OTR Jakarta

Spesifikasi Lengkap
MESIN & PERFORMA
Tipe Mesin:Motor listrik Kode EM57/ Type AC3 Synchronous
Jenis Baterai:Lithium-ion 40 kWh
Transmisi:Single speed gear reduction
Tenaga Maksimal:110 kw (150 PS) / 3283 - 9795 rpm.
Torsi Maksimal:320 Nm (32.6 kgm) / 0-3283 rpm.
Top Speed:155 km/jam
0-100 Km/jam:7,9 detik

DIMENSI
Panjang:4.480 mm
Lebar:1.790 mm
Tinggi:1.540 mm
Berat:1.523 kg
Ground Clearence:150 mm
Wheel Base:2.700 mm

SETIR, SUSPENSI & BAN
Suspensi Depan:Independent MacPherson Strut, coil springs
Suspensi Belakang:Torsion beam, coil springs
Ban:215 / 50 - 17R -91V
Velg:Alloy 17 x 6.5 J
Rem Depan:Ventilated Disc
Rem Belakang:Disc
ABS:Ya

INTERIOR
Jumlah kursi:5
Sunroof:Tidak
Moonroof:Tidak
Panorama Roof:Tidak

KEAMANAN & KESELAMATAN
ABS:Ya
Brake Assist:Ya
Airbag Sopir:Ya
Airbag Penumpang:Ya
Airbag Samping:Ya

HIBURAN & KOMUNIKASI
Android Auto:Ya
Apple CarPlay:Ya
Konektivitas Bluetooth:Ya
Konektivitas Wifi:Ya
Layar Sentuh:Ya
Ukuran Layar Sentuh:8 inch



Simak Video "Tes Lengkap Nissan Leaf, Mobil Listrik Termurah di Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)