Konsumen Bengkel Menyusut saat PPKM, Mitsubishi Beri Kelonggaran Garansi hingga Gratis Fogging

Ridwan Arifin - detikOto
Rabu, 04 Agu 2021 07:39 WIB
Tampak depan diler kendaraan penumpang Mitsubishi Setiakawan Menara Motor – Serang
2.	Irwan Kuncoro – Director of Sales & Marketing PT MMKSI
3.	Penandatanganan prasasti peresmian kendaraan penumpang Mitsubishi Setiakawan Menara Motor – Serang (kiri) Irwan Kuncoro; Director of Sales & Marketing PT MMKSI; (kanan) Suhardi Chandra, President Director SKM Group
4.	Foto 4 & 5 fasilitas dan kegiatan workshop bengkel Mitsubishi Setiakawan Menara Motor – Serang
5.	Foto 4 & 5 fasilitas dan kegiatan workshop bengkel Mitsubishi Setiakawan Menara Motor – Serang
6.	(ki-ka) Irwan Kuncoro; Director of Sales & Marketing PT MMKSI dan Imam Choeru Cahya, Head of Sales & Marketing Group PT MMKSI
7.	Aktivitas penyerahan unit Xpander kepada konsumen Mitsubishi Setiakawan Menara Motor – Serang
8.	Tampak depan diler kendaraan penumpang Mitsubishi Setiakawan Menara Motor – Serang
Ilustrasi bengkel Mitsubishi Foto: Mitsubishi
Jakarta -

Pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) sudah berlaku sejak 2 Juli 2021. Bahkan PPKM level 4 kini diperpanjang hingga 8 Agustus 2021. Kebijakan ini turut berlangsung pada kelangsungan aftersales, salah satunya Mitsubishi.

Eichiro Hamazaki, Director of After Sales PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) mengatakan pihaknya bakal beradaptasi dengan perpanjangan level 4.

"Seperti yang kita ketahui kondisi pandemi belum berakhir, pemerintah memberlakukan PPKM, dan diperpanjang hingga 9 Agustus. MMKSI comply dengan peraturan dan keputusan pemerintah dan terus menyesuaikan layanan dengan berbagai program," kata Eichiro Hamazaki saat konferensi virtual, Selasa (3/8/2021).

Lebih lanjut, Deputy Group Head of After Sales Strategy Group PT MMKSI, Adam Rahman menjelaskan imbas dari PPKM membuat Services Incoming Unit (SIU) pada Juli 2021 menyusut jika dibandingkan pada Juni 2021.

"Dari hasil monitoring selama bulan Juni, kita mengalami penurunan sebesar 17 persen konsumen yang datang ke outlet. Jika dibagi berdasarkan area lainnya Jawa dan Bali 14 persen, kemudian Sumatera, Kalimantan Timur, dan wilayah Indonesia lainnya 23 persen,"

"Apalagi informasi semalam PPKM diperpanjang, tentu jadi komitmen Mitsubishi untuk menjaga layanan di seluruh daerah sesuai peraturan daerah masing-masing," jelas Rahman.

Saat ini pihaknya akan memberikan kelonggaran garansi bagi pemilik mobil yang masa garansinya hangus saat PPKM diberlakukan, yakni pada periode Juli hingga Agustus 2021.

"Ada kemungkinan konsumen tidak bisa datang ke dealer sehingga tidak bisa melakukan servis, oleh karena itu kami membuat kebijakan selama periode Juli sampai akhir Agustus di mana warranty-nya berakhir, bagi pemilik kendaraan Mitsubishi, kerusakan pada masa tersebut kami berikan kelonggaran," jelas Rahman.

"Kami ingin memberikan peace of mind kepada konsumen sehingga mereka bisa ajukan klaim sampai Oktober 2021," sambung dia.

Saat ini ada 244 dealer Mitsubishi yang tersebar di seluruh Indonesia yang disesuaikan dengan kebijakan jam operasional dari masing-masin daerah. Kendati demikian, Rahman menjelaskan MMKSI saat ini mengoptimalkan berbagai channel layanan servis, mulai dari booking hingga layanan home servis.

"Kami sangat harapkan proses booking bisa berjalan sesuai, sehingga dealer bisa mengatur waktu kedatangan sehingga tidak terjadi penumpukan," kata Rahman.

"Sekitar119 dealer sudah memiliki layanan ini (home servis) di seluruh indonesia. Yang bisa dilakukan hanya maintenance, pekerjaan servis ringan, termasuk penggantian brake pad, jika perlakuan besar, mobil tersebut kami rekomendasikan untuk ditarik ke dealer," jelas Rahman.

Selain mengoptimalkan layanan melalui aplikasi, Mitsubishi juga menerbitkan program "Healthy Campaign" berupa gratis fogging disinfectant bagi konsumen yang mendownload dan registrasi sebagai pengguna untuk kendaraannya pada aplikasi My Mitsubishi Motors ID (MMID) di diler saat pelaksanaan campaign yang berlangsung dari 5 Juli hingga 31 Agustus 2021.

Untuk mengetahui lebih lanjut lokasi dan daftar diler resmi kendaraan penumpang Mitsubishi Motors di Indonesia, bisa mengunjungi https://www.mitsubishi-motors.co.id/cari-dealer, melalui mobile apps My Mitsubishi Motors ID and Mitsubishi Motors Customer Care 0804-1-300-300.



Simak Video "Xpander Masih Inden, Mitsubishi Minta Maaf"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)