Generasi Penerus Honda Civic Type R Muncul Lagi, Grill-nya Lebih Tajam

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Sabtu, 24 Jul 2021 15:34 WIB
Honda Civic Type R 2022
Honda Civic Type R 2022 Foto: doc. Autoblog/Honda Civic Type R spied/Image Credit: CarPix
Jakarta -

Produsen otomotif asal Jepang, Honda, telah merilis varian Civic Type R, Kini generasi penerusnya yang bakal disajikan dalam bentuk hatchback dan sedan sudah mulai dibocorkan dan terus diuji coba di jalan raya.

Dikutip dari Autoblog, mobil tersebut muncul pada salah satu ruas jalan raya dan berhasil tertangkap kamera. Terlihat, seluruh bodi masih ditutupi oleh stiker sebagai bentuk penyamaran, meski demikian garis tubuh Honda Civic Type R terlihat jelas.

Ada sejumlah perbedaan yang menonjol dari mobil Honda Civic Type R yang sudah dirilis dengan generasi penerusnya ini. Salah satunya terlihat pada bagian knalpot yang punya perubahan signifikan.

Pada Civic Type R yang telah resmi dirilis, terdapat dua buah knalpot yang berada di sisi kanan dan kiri belakang mobil. Namun, mobil generasi selanjutnya ini punya tiga knalpot sekaligus yang dipasang berdempetan di belakang.

Jika diperhatikan secara detail, knalpot di bagian tengah terlihat lebih besar ketimbang dua knalpot lainnya yang berukuran kecil.

Perubahan lain yang terlihat dari mobil tersebut adalah penutup intake di samping bumper depan serta tampilan grill yang lebih kecil. Akan tetapi sejumlah bagian sisi bodi mobil masih ditutupi stiker sehingga tidak terlihat secara detail perubahan yang tampak.

Honda Civic Type R 2022Honda Civic Type R 2022 Foto: doc. Autoblog/Honda Civic Type R spied/Image Credit: CarPix

Selain tiga perubahan tadi, sejumlah bagian pada mobil tersebut masih sama dengan Honda Civic Type R yang sudah dijual di pasaran yakni hadirnya sayap belakang, grill yang mengusung model jala serta lampu depan LED yang menonjol.

Sebagai informasi, Type R sendiri merupakan varian mobil sport legendaris Honda yang terinspirasi dari mobil balap yang juga dapat dengan aman dan nyaman digunakan di jalanan kota.

New Honda Civic Type R merupakan pengembangan dari generasi ke-10 Honda Civic yang sudah sejak lama mendapat reputasi baik di seluruh dunia dengan prestasi terakhirnya yakni sebagai pemegang rekor untuk mobil penggerak roda depan tercepat di sirkuit Suzuka, Jepang yang mencatat waktu 2 menit 23.993 detik.

Dari segi dapur pacu, New Honda Civic Type R masih menggunakan mesin 2.0 liter VTEC Turbo dengan tenaga maksimal 310 PS pada 6.500 rpm dan torsi maksimal 400 Nm pada 2.500 - 4.500 rpm. Tenaga Civic Type R disalurkan melalui transmisi manual 6 percepatan yang telah disempurnakan oleh Rev Match System yang memungkinkan mobil mempertahankan tenaga maksimumnya saat perpindahan gigi.

Untuk pasar Indonesia, New Honda Civic Type R tersedia dalam 3 pilihan warna yaitu Rallye Red, Brilliant Sporty Blue Metallic, dan Championship White. Sementara harga jualnya mulai dari Rp 1.177.000.000 (harga yang tertera adalah harga on the road wilayah Jakarta untuk kepemilikan orang pertama tahun 2021).



Simak Video "Honda Luncurkan Civic Generasi Ke-11"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)