Kapan Mobil Listrik Mercedes-Benz Diboyong ke Indonesia?

Luthfi Anshori - detikOto
Jumat, 23 Jul 2021 15:51 WIB
Mercedes-Benz EQS
Mobil listrik Mercedes-Benz EQS. Foto: carbuzz
Jakarta -

Tren kendaraan listrik sedang berkembang di Tanah Air. Namun merek premium Jerman, Mercedes-Benz, belum menunjukkan tanda-tanda ingin bermain di segmen tersebut. Padahal Mercedes-Benz sudah memiliki mobil listrik terbaru yang diluncurkan awal tahun ini. Kapan mobil tersebut dibawa ke Indonesia?

President Director PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia (MBDI) Choi Duk Jun, mengatakan bahwa Mercedes-Benz Indonesia saat ini sedang melakukan persiapan untuk memboyong mobil listrik full baterai pertamanya ke Indonesia.

"Saya dapat katakan, kami sangat senang dan yakin untuk membawa model EQ ke Indonesia. Dan kami saat ini sedang menunggu finalisasi persetujuan dari kantor pusat (Mercedes-Benz)," kata Duk Jun, dalam acara Meet Mercedes Chat, yang diselenggarakan secara virtual, Kamis (22/7).

Selain menunggu persiapan dari prinsipal, menurut Duk Jun, MBDI juga tengah memantau situasi di Indonesia terkait kesiapan regulasi pemerintah soal kendaraan listrik.

"Tentunya kami memiliki banyak kalkulasi, termasuk (sedang menunggu) regulasi pemerintah di sini dan insentif (kendaraan listrik) yang akan diberikan," sambungnya.

Sebelumnya Deputy Director Sales Operation and Product Management PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia (MBDI), Karyanto Hardjosoemarto, juga mengatakan bahwa merek otomotif berlogo Mercy tersebut akan meramaikan industri kendaraan ramah lingkungan di Indonesia. Namun memang untuk waktu pemasarannya belum bisa dipastikan.

"Kendaraan listrik ini adalah tren masa depan, kami tak ingin ketinggalan, kami pun akan ikut meramaikan atau mensukseskan pasar kendaraan listrik di Indonesia, tapi kalau ditanya kapan, kami masih mempersiapkan keseluruhannya," ujar Karyanto, Mei 2021 lalu.

"Kalau ditanya apakah tahun ini? Kami jawab belum karena memang saat ini EQS baru kemarin world premiernya nanti akan bertahap di Eropa, kemudian Asia, tentu kami akan berpatisipasi di situ".

"Kami akan mempersiapkan semua, karena sekali lagi, bahwa kami tidak ingin sekadar coba-coba untuk menjual kendaraan listrik di sini, misalnya tidak sukses kami berhentikan dan sebagainya, kami tidak ingin seperti itu, karena kami melihat ke depan potensi sangat bagus, oleh karena itu kami siapkan semua dari segi infrastruktur, man power, dan pada saat yang tepat kami tentu akan membawa kendaraan listrik tersebut ke Indonesia," sambungnya.

Sebagai informasi, Mercedes-Benz EQS memulai debut global pada April 2021 lalu. Mobil ini mengusung konsep sedan listrik yang menggunakan platform khusus Electric Vehicle Architecture (EVA).

(lua/din)