Ada PPKM Darurat Mitsubishi Pastikan Target Penjualan Tidak Berubah, Tapi Angkanya Rahasia

M Luthfi Andika - detikOto
Kamis, 08 Jul 2021 08:58 WIB
Pameran otomotif GIIAS 2019 jadi ajang bagi Mitsubishi untuk mengenalkan beragam mobil baru mereka. Salah satunya adalah Eclipse Cross.
Ilustrasi Mitsubihsi Motors di GIIAS 2019 Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta -

Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat masih bergulir hingga 20 Juli 2021 besok, diharapkan seluruh elemen masyarakat mematuhinya agar bisa menekan angka penyebaran virus Corona di Indonesia.

Meski begitu bukan berarti para pelaku usaha otomotif hilang keyakinan, seperti Mitsubishi yang menyatakan tidak akan mengubah target penjualan mereka di Indonesia untuk 2021 sekarang.

"Saat ini, kami tidak mengubah target penjualan kami, karena masih terlalu dini untuk melihat seberapa besar dampak PPKM Darurat terhadap industri otomotif. Kami akan terus memantau perkembangan situasi ini," jelas President Director PT MMKSI Nakamura kepada detikOto.

Meski Nakamura enggan membeberkan berapa up-date target penjualan Mitsubishi mobil tahun ini, Nakamura pastikan Mitsubishi Indonesia akan terus mendukung program pemerintah.

"PPKM darurat merupakan upaya pemerintah dalam menekan laju penyebaran COVID-19 di Indonesia. Kami tentunya sangat mendukung setiap langkah Pemerintah yang tentunya demi keselamatan seluruh masyarakat di Indonesia. Dan kami berharap kita semua dapat segera pulih dari kondisi ini," Nakamura menambahkan.

Mitsubishi Pajero Sport Rockford Fostage Black EditionIlustrasi Mitsubishi Pajero Sport Rockford Fostage Black Edition di GIIAS Foto: Mohammad Luthfi Andika

Jika melihat pemberitaan detikOto sebelumnya, Proyeksi dan target Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) untuk penjualan kendaraan tahun 2021 sebesar 750.000 unit. Director Sales & Marketing Division MMKSI, Irwan Kuncoro menyebut Mitsubishi bakal mengambil porsi 90 ribu unit tahun ini.

"Pembahasan mengenai target 2021, dengan mempertimbangkan kondisi pandemi COVID-19, kemudian pasar otomotif yang perlahan juga pulih, peluncuran atau pembaruan dari Mitsubishi Motors serta target Gaikindo, maka pada tahun 2021 kami targetkan total penjualan sekitar 90 ribu unit," ungkap Irwan saat media gathering virtual saat itu.

Bila dirinci, 60 ribu unit di antaranya adalah mobil penumpang dan 30 ribu unit kendaraan niaga ringan. Untuk mencapai target, di tahun 2021, MMKSI telah dan akan meluncurkan beberapa produk baru, meski modelnya masih dirahasiakan.

"2021 akan meluncurkan produk baru yang telah dikembangkan untuk memenuhi keinginan dan kebutuhan masyarakat Indonesia. Hal ini dilakukan MMKI dapat memperkuat lini penjualan, dan mencapai target yang sudah ditetapkan," kata dia.

Selain menambah produk baru, Mitsubishi juga akan melebarkan sayap dengan memperluas jaringan purnajual. MMKSI berencana untuk melanjutkan pengembangan jaringan diler resmi khusus kendaraan penumpang Mitsubishi Motors menjadi 164 diler di akhir tahun fiskal 2021. Fasilitas resmi Mitsubishi Bodi & Car juga ditargetkan meningkat pada akhir tahun fiskal 2021 menjadi total 23 fasilitas di seluruh Indonesia.

Target 90 ribu unit itu meningkat dari capaian Mitsubishi pada tahun 2020, yang telah menjual sebanyak 54.768 unit atau anjlok 55,4 persen dari tahun sebelumnya. Penjualan Mitsubishi terdiri atas penjualan model kendaraan penumpang 34.504 unit yakni Xpander, Xpander Cross, Pajero Sport, Eclipse Cross, dan Outlander PHEV. Lalu kendaraan niaga ringan sebanyak 20.264 unit, yakni Triton, L300 dan T120SS.



Simak Video "Catat! Ini Kapasitas Maksimal Mobil Pribadi Selama Masa PPKM Darurat"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)