Dua Mobil Toyota Hasil Rebadge Suzuki Ini Laku Keras

Ridwan Arifin - detikOto
Senin, 14 Jun 2021 11:38 WIB
Toyota Starlet Lahir Lagi, Kini Pakai Basis Suzuki Baleno
Toyota Glanza. Foto: Istimewa
Jakarta -

Toyota dan Suzuki, dua perusahaan otomotif yang bersahabat di India. Keduanya beraliansi, pun melakukan rebadge dari beberapa mobil populernya, dan tampaknya bekerja dengan baik sejauh ini di India.

Sebagai permulaan, Toyota mengganti nama Baleno dari Maruti Suzuki dengan Glanza yang dibekali mesin bensin 1,2 liter. Belakangan, pabrikan Jepang itu juga memperkenalkan Suzuki Vitara Brezza sebagai Toyota Urban Cruiser.

Urban Cruiser diproduksi oleh Maruti Suzuki India di pabriknya di Manesar, sedangkan Glanza diproduksi oleh Suzuki di pabrik di Gujarat.

Toyota Starlet Lahir Lagi, Kini Pakai Basis Suzuki BalenoToyota Glanza Foto: Istimewa

Mobil Suzuki yang di-rebadge Toyota itu ternyata cukup diterima pasar. Toyota Kirloskar Motor --agen pemegang merek Toyota di India, mencatat penjualan 93.134 unit pada financial year (FY) 1 April 2020 - 31 Maret 2021.

42 persen dari total penjualan berasal dari Glanza dan Urban Cruiser. Lebih rinci penjualan Glanza terdistribusi sebanyak 22.530 unit, dan Urban Cruiser dicetak 16.316 unit.

Toyota Urban CruiserToyota Urban Cruiser Foto: Dok. Toyota

"Per 31 Maret 2021, kami telah mencatat total penjualan lebih dari 61.000 unit untuk model aliansi Toyota-Suzuki (Glanza, dan Urban Cruiser). Toyota telah meluncurkan Glanza pada Juni 2019, sedangkan Urban Cruiser diluncurkan pada September 2020," Naveen Soni, Sr. Vice President, TKM seperti dikutip DH, Senin (14/6/2021).

Terbaru, Toyota berhasil menjual 2.480 unit Glanza dan 2.488 unit Urban Cruiser pada April dan Mei tahun ini.

"Aliansi dengan Suzuki menguntungkan kami. Sebagian besar pelanggan India masih tumbuh di pasar kelas bawah. Mereka sekarang dapat merasakan kualitas layanan Toyota. Sebagian besar penjualan kami berasal dari pelanggan tetap. Setelah digunakan Untuk kualitas layanan kami dengan produk entry-level, mereka akan bermigrasi ke pasar kendaraan kelas atas secara bertahap," kata Soni.

(riar/lua)