Setelah 47 Tahun, Suzuki Pindahkan Produksi dari Cakung ke Tambun-Cikarang

M Luthfi Andika - detikOto
Jumat, 11 Jun 2021 21:47 WIB
Ngintip Pabrik Suzuki di Cikarang yang Lebih Canggih dari Jepang
Pabrik Suzuki di Cikarang Foto: Detik.com
Jakarta -

Suzuki Indonesia mengumumkan memindahkan produksi mesin, transmisi dan komponen lainnya yang awalnya di pabrik Cakung Plant, pindah ke pabrik Tambun I&II Plant dan Cikarang Plant. Strategi itu dilakukan agar lebih efisien dan efektif dalam memproduksi kendaraan.

"Pabrik kami di Cakung sudah beroperasi selama 47 tahun, tapi tidak ada hubungan antara usia bangunan pabrik dengan relokasi ini. Tapi relokasi ini sudah menjadi bagian strategi perusahaan (Suzuki Indonesia), karena kalau bicara kapasitas dan jumlah karyawan tetap sama. Justru langkah memindahkan produksi dari Cakung ke pabrik Tambun dan Cikarang akan lebih efisien," ucap Head of PR and Digital Suzuki, Rudiansyah, kepada detikOto.

Rudi menjelaskan alasan utama Suzuki Indonesia untuk memindahkan produksi dari Cakung ke Tambung dan Cikarang agar lebih berdekatan.

"Jika selama ini produksi mesin, transmisi dan komponen lain terpisah dengan produksi bodi dan lain-lainnya, dengan relokasi pabrik ini produksi akan lebih efisien. Selama ini pabrik Suzuki di Cakung berhubungan dengan mesin, transmisi dan lain-lain, sementara di pabrik Suzuki Tambun dan Cikarang memproduksi bodi dan lain-lain, sekarang menjadi lebih efisien dan efektif karena di tempat yang sama," Rudi menambahkan.

Ngintip Pabrik Suzuki di Cikarang yang Lebih Canggih dari JepangNgintip Pabrik Suzuki di Cikarang yang Lebih Canggih dari Jepang Foto: Ruly Kurniawan

"Bicara soal karyawan, pabrik Suzuki di Cakung ada sekitar 600 karyawan, saat ini sudah dibagi ke kedua pabrik kami di Cikarang dan Tambun sesuai dengan bagian pekerjaan mereka di Cakung. Ini sudah sesuai rencana perusahaan jadi tidak ada yang berubah, barang-barang dipindahkan ke Cikarang tapi 90 persen ke tambun," kata Rudi.

Rudi juga mengatakan pemindahan pabrik Suzuki ini bukan akibat pandemi COVID-19 yang masih terus menghantui.

"Pemindahan operasional pabrik ini sudah kami rencanakan jauh hari sebelum adanya pandemi COVID-19, jadi tidak ada hubungannya dengan penurunan pasar otomotif nasional. Ini adalah bagian dari rencana Perusahaan untuk mengoptimalkan kapasitas dan efisiensi pabrik yang ada di Tambun dan Cikarang," ujar Rudi.

Lalu bagaimana nasib pabrik Suzuki di Cakung setelah tidak memproduksi ya? "Setelah tidak produksi di Cakung Plant, kami memang belum ada rencana untuk selanjutnya," tutup Rudi.

Dengan tidak lagi ada produksi Suzuki di Cakung Plant, saat ini Suzuki masih memiliki 3 pabrik produksi diantaranya Tambun I Plant, Tambun II Plant dan Cikarang Plant.



Simak Video "Bebas PPnBM, Ini Daftar Mobil di Bawah Rp 200 Juta di IIMS 2021"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)