Terbentur Standar Emisi, Mobil Keren Audi RS 5 Nggak Dijual di Indonesia

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Rabu, 09 Jun 2021 19:10 WIB
Audi RS 5 Coupe
Audi RS 5. Foto: Dok. Audi
Jakarta -

Hari ini Audi meluncurkan mobil sporty, Audi A5 Sportback, di Indonesia. Namun, agen pemegang merek Audi di Indonesia, PT Garuda Mataram Motor (GMM) belum membawa mobil yang lebih keren, Audi RS 5, ke Indonesia.

Menurut Stefan Hutahayan, Brand Manager PT Garuda Mataram Motor (GMM), alasan pihaknya tidak menghadirkan Audi RS 5 di Indonesia untuk saat ini adalah karena masalah regulasi emisi. Di Eropa, Audi RS 5 sudah mengadopsi standar emisi lebih tinggi.

"Kalau model RS 5 kebetulan standar emisi di sana sudah Euro 6 ya," kata Stefan saat peluncuran Audi A5 Sportback secara virtual, Rabu (9/6/2021).

Karenanya, untuk saat ini mesin Audi RS 5 yang sudah menerapkan standar emisi Euro 6 tidak kompatibel untuk Indonesia. Soalnya, Indonesia baru mengikuti standar emisi Euro 4.

"Jadi saat ini model RS 5 belum dapat dihadirkan," ujar Stefan.

Audi RS 5 CoupeAudi RS 5 Coupe Foto: Dok. Audi

Audi RS 5 ini termasuk mobil yang memiliki performa tinggi. Mesinnya mampu menyemburkan tenaga yang cukup besar.

Dikutip dari laman resminya, Audi RS 5 menggendong mesin V6 Biturbo 2.9 liter TFSI. Tenaga yang dikeluarkannya bisa mencapai 450 daya kuda dengan torsi maksimal 600 Nm.

Berkat dorongan tenaga dari mesin tersebut, Audi RS 5 bisa berakselerasi dari 0-100 km/jam dalam 3,9 detik. Kecepatan tertingginya sampai 250 km/jam, bahkan bisa ditingkatkan hingga 280 km/jam jika diinginkan.

Mesin 2.9 liter V6 Biturbo itu diklaim memiliki konsumsi bahan bakar 9,1 sampai 9,0 liter per 100 km. Kombinasi emisi CO2 sebesar 206 g/km.

Audi RS 5 memiliki beberapa mode berkendara yang dapat disesuaikan melalui Audi drive select, mulai dari sporty hingga dynamic. Suspensi sport RS standar membuat sasis lebih rendah dibandingkan dengan model sebelumnya. Konsumen juga dapat memilih suspensi sport plus dengan Dynamic Ride Control (DRC), rem keramik, dan dynamic steering dengan penyetelan khusus RS.



Simak Video "Audi Indonesia Rilis A5 Sportback Tantang Dominasi BMW"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)