Lebih Dekat dengan Audi A5 Sportback, Sedan Ganteng Rp 1,2 Miliar

Muhammad Hafizh Gemilang - detikOto
Rabu, 09 Jun 2021 12:33 WIB
Audi Indonesia merilis Audi A5 Sportback 2021
Audi Indonesia membawa line up baru sedan mereka yaitu Audi A5 Sportback Foto: Muhammad Hafizh Gemilang
Jakarta -

Pabrikan mobil asal Jerman, Audi resmi meluncurkan Audi A5 Sportback. Sedan 'ganteng' yang punya garis desain tegas ini dibanderol seharga Rp 1,2 miliar. Di kelasnya, mobil ini bersaing langsung dengan BMW Seri 4.

Audi A5 Sportback ini sebenarnya bukan barang baru di dunia. Audi pertama kali meluncurkan mobil ini secara global pada akhir tahun 2019, namun Audi Indonesia baru meluncurkannya pada Rabu (9/5/21) ini.

Untuk pasar Indonesia, Audi menyiapkan tiga tipe Audi A5 Sportback ini, ada Audi A5 Sportback Quattro yang menggunakan sistem penggerak semua roda atau All Wheel Drive, Audi A5 Sportback biasa yang menggunakan sistem penggerak roda depan, serta Audi A5 Coupe 2.0 TFSI Quattro.

Mobil yang ditunjukkan Audi Indonesia kepada detikcom pada saat peluncurannya, adalah Audi A5 Sportback tipe biasa. Untuk harga Audi A5 Sportback dijual mulai dari Rp 1,248 miliar off the road. Audi A5 ini sudah bisa dipesan di dealer resmi Audi Indonesia per 9 Juni 2021.

Audi Indonesia merilis Audi A5 Sportback 2021Model grille honeycomb menjadi ciri khas baru Audi A5 Sportback Foto: Muhammad Hafizh Gemilang

Desain
Aura mobil Jerman sangat kental di mobil ini. Dari bagian depan, Audi A5 Sportback ini meninggalkan desain grille 'pagar' horizontal atau garis-garis seperti di Audi A5 coupe. Kini tampilan grille yang besar ini menggunakan aksen motif honeycomb, yang sekilas mirip desain Audi R8.

Dari depan juga, yang membuat tampilannya semakin jumawa adalah hadirnya lampu utama yang sudah menggunakan teknologi Metrix LED lengkap dengan lampu sein yang menyala secara sekuensial.

Geser ke bagian samping, tentu desain garis atap atau roof line dari Audi ini tampak landai ke arah belakang. Itu berkat konsep sportback yang membuat metode pembukaan pintu bagasi menjadi terangkat penuh hingga kaca belakang pun turut terangkat. Hal ini membuat akses bagasi menjadi lebih lega.

Secara desain, dari bagian samping yang paling tampak mewah adalah pada bagian pintunya yang sudah menggunakan pintu model frameless. Selain itu adanya tarikan garis tegas, juga membuat mobil ini tampak atletis dan maskulin.

Sayang, untuk A5 Sportback yang ditunjukkan oleh Audi saat media preview menggunakan pelek dengan desain yang kontras dari desain keseluruhan mobil ini. Penggunaan pelek ring 18 terasa sudah pas di mobil ini. Namun dengan desain pelek satu warna dan model palang lima ini, menurut kami secara desain terasa kurang pas.

Sementara itu, untuk bagian belakangnya tampak senada dengan desain depan dan samping. Tampilannya berotot dan lengkap dengan lampu berhenti yang canggih karena sudah menggunakan lampu LED, membuatnya tampak gagah terlihat dari belakang. Apalagi, ditambah aksen garis lampu belakang di atas kacanya, membuat mobil ini tampak beda dari mobil Eropa lainnya di jalanan pada saat malam hari.

Audi Indonesia merilis Audi A5 Sportback 2021Mesin TFSI 2000cc 4 Silinder menjadi dapur pacu dari Audi A5 Sportback yang dibawa ke Indonesia Foto: Muhammad Hafizh Gemilang

Mesin
Baik Audi A5 Sportback biasa maupun Quattro, keduanya menggunakan mesin 2000 cc 4 silinder Turbocharger. Mesin yang dinamai Audi dengan TFSI ini, diklaim bisa mengeluarkan tenaga sebesar 190 daya kuda dan torsi 325 Nm.

Tenaga ini disalurkan melalui transmisi otomatis 7 percepatan ke dua roda depan untuk Audi A5 Sportback tipe biasa dan ke seluruh roda atau AWD untuk Audi A5 Sportback tipe Quattro.

Untuk pasar Indonesia, Audi A5 Sportback ini tidak hadir dengan teknologi mild hybrid seperti Audi A5 Sportback yang hadir di Malaysia ataupun beberapa negara lain. Namun menurut Audi, model A5 Sportback dengan teknologi mild hybrid ini bukan tidak mungkin masuk ke Indonesia jika banyak peminatnya.

"(Absennya teknologi mild hybrid ini) Sudah keputusan dari principle. Tapi bukan tidak mungkin akan ada teknologi seperti ini yang bisa membuat mobil meningkat efisiensinya," papar Agung Ariyanto, Product Expert dan Trainer dari Audi Indonesia kepada detikcom.

Audi Indonesia merilis Audi A5 Sportback 2021Audi A5 Sportback menggunakan layar instrumen kluster yang canggih, Audi menyebutnya dengan Virtual Cockpit Foto: Muhammad Hafizh Gemilang

Fitur dan Teknologi
Ketika masuk ke kabin baris kedua dari Audi A5 ini, aura sporty-nya langsung terasa. Desain garis atap atau roof line yang melandai di bagian belakang membuat kami sempat pesimis dengan kenyamanan duduk di bangku penumpang belakang.

Namun, kami yang punya tinggi 175 cm, ternyata masih dapat duduk dengan nyaman dengan sisa 2-3 jari untuk ruang kepala. Sedangkan untuk ruang kaki masih cukup lega tersedia, mengingat mobil ini punya dimensi yang terbilang cukup panjang.

Di bagian belakang, penumpang dimanjakan dengan arm rest yang juga bisa menampung gelas atau botol minum. Selain itu, pengaturan AC yang sudah tiga zona climate control, tentu semakin membuat nyaman penumpang belakang.

Lanjut duduk di bangku supir, Audi A5 Sportback ini menawarkan posisi duduk yang rendah khas mobil sedan. Mata pengendara akan sangat dimanjakan dengan tampilan instrumen kluster yang canggih.

Instrumen kluster ini disebut Audi dengan nama Virtual Cockpit. Sebuah layar selebar 12 inci ini, bisa menampilkan beragam informasi tentang kendaraan hingga informasi hiburan apa yang sedang diputar di layar head unit atau yang disebut Audi dengan nama Audi MMI.

Audi MMI ini merupakan singkatan dari Audi Multimedia Interface. Di layar head unit sebesar 10.1 inci, pengemudi akan sangat dimudahkan dengan metode navigasi touch screen. Belum lagi, pengemudi akan semakin dibuat menarik dengan hadirnya feedback sound ketika menyentuh layar touch screen yang sangat responsif ini.

Audi Indonesia merilis Audi A5 Sportback 2021Tampak depan Audi A5 Sportback Foto: Muhammad Hafizh Gemilang

Bisa Dikustomisasi
Salah satu keunggulan dari Audi A5 Sportback yang ditawarkan Audi Indonesia ini adalah hadirnya program kustomisasi penuh untuk menyesuaikan keinginan calon pemiliknya.

Beragam part bisa dikustomisasi untuk Audi A5 Sportback ini, mulai dari pelek, warna interior, hingga penggunaan panoramic sun roof, semuanya dapat dipesan sesuai budget dan keinginan dari pembeli.



Simak Video "Audi Indonesia Rilis A5 Sportback Tantang Dominasi BMW"
[Gambas:Video 20detik]
(mhg/rgr)