Awas Salah! Ganti Pelek Mobil Audi Tidak Bisa Sembarangan

Muhammad Hafizh Gemilang - detikOto
Rabu, 02 Jun 2021 16:54 WIB
pelek mobil Audi
Ilustrasi mobil Audi dan pelek Audi Foto: Muhammad Hafizh Gemilang/detikOto
Jakarta -

Pabrikan mobil asal Jerman, Audi terkenal sebagai produsen mobil canggih dan juga berani dalam membuat beragam inovasi. Namun, bagi pemilik Audi yang hendak mengganti pelek perlu hati-hati dan tidak bisa sembarangan.

Agung Ariyanto, Product Expert dan Trainer dari Audi Indonesia mengatakan penggantian pelek mobil Audi tentunya dapat dilakukan. Namun dengan memperhatikan model pelek penggantinya.

"Ganti pelek boleh saja dilakukan, misalnya mau naik ukuran ring. Saran kami naik ukuran biasanya hingga 2 inci dan juga disarankan pakai pelek yang direkomendasikan Audi," papar Agung kepada DetikOto, Rabu (1/6/21).

Menurutnya, penggantian pelek dengan pelek yang tidak sarankan oleh Audi bisa saja memunculkan error pada beragam sensor yang terdapat pada mobil Audi.

"Kalau pakai pelek yang tidak disarankan, bisa saja peleknya itu lebih ringan atau lebih berat. Sementara di mobil (Audi) ini ada beragam sensor yang bisa muncul kalo dia membaca ada yang tidak cocok. Misalnya bisa saja sensor TPMS (Tire Pressure Monitoring System), jadi tidak membaca," lanjut Agung.

pelek mobil AudiPelek mobil Audi Foto: Muhammad Hafizh Gemilang/detikOto

Dilansir dari Audi World, ada beberapa tahapan dalam memilih pelek pengganti untuk mobil Audi. Menurut mereka, tahap pertama yang harus dilakukan adalah dengan mengetahui tujuan dari penggantian pelek ini.

"Apakah penggantian pelek ini hanya untuk tampilan yang lebih bagus atau handling yang lebih baik? Kalau ingin meningkatkan performa, tentu harus memilih pelek yang ringan. Sebaiknya pertama harus tau tujuannya, sehingga lebih mudah dalam menentukan pelek yang akan dipasang ke mobil Audi kalian," tulis Audi World.

Selain itu, Audi World juga menyarankan untuk memilih pelek dengan dimensi dan berat yang masih disarankan oleh Audi.

"Pertimbangkan dengan matang tentang diameter centre hub, diameter bolt circle, ukuran offset hingga berapa ruang yang tersedia di bawah fender mobil kalian," papar Audi World.

Lalu menurut mereka, setelah beberapa pertimbangan tadi sudah diputuskan, masuk ke tahap menentukan pelek dengan harga berapa dan gaya apa yang akan digunakan.



Simak Video "Geber Gas Mobil Sebelum Matikan Mesin Mobil, Biar Kenapa Sih?"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/rgr)