Audi Mau Rakit Mobil di Indonesia, Jadwal Mundur karena Pandemi

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Rabu, 09 Jun 2021 15:43 WIB
Logo mobil Audi
Audi berencana merakit mobil di Indonesia. Tapi diundur karena pandemi COVID-19. Foto: Ari Saputra
Jakarta -

Merek mobil mewah asal Jerman, Audi, berniat untuk merakit mobil di Indonesia. Namun, wacana itu terpaksa diundur lantaran masalah pandemi COVID-19 yang masih melanda di Indonesia.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), semua mobil Audi yang dijual di Indonesia masih diimpor utuh dari luar negeri, tepatnya dari Jerman, negara asal Audi. Mengacu data Gaikindo, mobil Audi yang diimpor utuh dari Jerman ke Indonesia sejak Januari sampai April 2021 antara lain Audi A3, Audi Q3, Audi Q5, Audi Q7, hingga Audi Q8.

Menurut Stefan Hutahayan, Brand Manager PT Garuda Mataram Motor (GMM) sebagai agen pemegang merek Audi Indonesia menyebut pihaknya memiliki rencana untuk melakukan perakitan mobil di Indonesia.

"Rencana ini sudah berjalan sejak beberapa tahun lalu, tapi ter-pending karena pandemi," kata Stefan di sela-sela peluncuran Audi A5 Sportback secara virtual, Rabu (9/6/2021).

Meski begitu, Stefan mengatakan pihaknya berharap Indonesia bisa pulih dari pandemi COVID-19. Dengan begitu, Audi bisa melancarkan rencananya untuk merakit mobil di Indonesia.

"Mudah-mudahan dengan recovery (perakitan mobil di Indonesia) dapat dimulai lagi di tahun depan. Mungkin (perakitan mobil Audi di Indonesia) bisa direalisasi di tahun 2023 atau 2024," ujar Stefan.

Sementara itu, Indomobil Group sebenarnya sudah memiliki pabrik perakitan mobil Eropa di Indonesia. Adalah Volkswagen yang sudah mulai merakit mobil di Indonesia. Volkswagen dan Audi sendiri merupakan dua merek mobil yang berada dalam satu payung, Volkswagen Group.

Anak perusahaan Indomobil Group, PT National Assemblers mendapat mandat merakit mobil Volkswagen di Cikampek, Jawa Barat. Sudah sejak Agustus 2019 Volkswagen merakit mobil di Indonesia.

Mobil rakitan pertama Volkswagen di Indonesia yakni Tiguan AllSpace. Tapi, mobil itu baru sekadar dirakit dengan status completely knock down. Di harapkan, ke depannya mobil Eropa itu bisa diproduksi di Indonesia dengan menyerap komponen lokal.



Simak Video "Audi Indonesia Rilis A5 Sportback Tantang Dominasi BMW"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)