Honda Recall 94 Ribu Mobil di Indonesia, Kenali Masalahnya

Tim detikcom - detikOto
Jumat, 04 Jun 2021 14:57 WIB
Logo Honda
Honda me-recall 94.443 unit mobil karena masalah fuel pump. Kenali gejalanya. Foto: Ari Saputra
Jakarta -

Honda mengumumkan recall mobilnya akibat masalah fuel pump. Kali ini, Honda memperbarui jumlah mobil yang terkena dampak recall akibat masalah fuel pump.

Recall fuel pump ini sebenarnya sudah berlangsung sejak tahun lalu. Beberapa pabrikan besar asal Jepang mengumumkan recall mobil akibat masalah fuel pump. Salah satunya Honda. Tahun lalu, Honda mengumumkan ada 85.025 unit mobil tahun model 2017-2019 yang terkena dampak recall masalah fuel pump. Kini, Honda mengumumkan jumlah unit yang teridentifikasi dalam Update program Recall kali ini adalah sebanyak 94.443 unit.

Adapun model yang teridentifikasi dalam program recall fuel pump ini antara lain Honda Brio, Honda Mobilio, Honda Jazz, Honda BR-V, Honda HR-V, Honda CR-V, Honda City, Honda Civic dan Honda Accord dengan tahun model 2019.

Program Pemanggilan untuk perbaikan (Recall) komponen Fuel Pump ini dilakukan sebagai tindakan pencegahan terhadap kemungkinan terjadinya mesin tidak dapat dinyalakan atau mesin berhenti beroperasi secara tiba-tiba saat mengemudi. Soalnya, Fuel Pump berpotensi tidak bekerja sebagaimana mestinya.

"Mengingat pentingnya standar keselamatan bagi Honda terhadap konsumennya, kami terus berupaya untuk memastikan seluruh unit mobil yang ada pada konsumen berada dalam kondisi serta standar tertingginya. Seluruh penggantian komponen dilakukan tanpa memungut biaya apa pun. Oleh karena itu, kami mengimbau dan mengingatkan kembali kepada konsumen yang kendaraannya teridentifikasi untuk segera membawa mobilnya ke dealer resmi Honda untuk proses pemeriksaan dan penggantian komponen," kata Denny MT, Service & Parts Asst. General Manager - PT. Honda Prospect Motor dalam siaran pers yang diterima detikcom, Jumat (4/6/2021).

Seperti mobil Jepang lainnya yang mengalami masalah fuel pump, setidaknya ada beberapa gejala yang bisa dirasakan jika fuel pump tersebut bermasalah. Gejala yang bisa dirasakan adalah mesin mati dan sulit untuk dinyalakan, mesin tidak bertenaga, RPM tidak stabil dan indikator mesin (engine check di dasbor) menyala.

Tanda-tanda yang bisa dirasakan pengendara jika mobilnya bermasalah pada bagian fuel pump adalah mesin akan terasa 'brebet'. Lama-kelamaan, mesin akan mati atau tenaganya berkurang.

Sebelum mengalami gejala-gejala itu, pemilik mobil yang terdampak recall akibat masalah fuel pump disarankan segera ke bengkel untuk melakukan perbaikan.

Proses penggantian komponen fuel pump ini memerlukan waktu sekitar 60-90 menit. Dealer akan menerapkan protokol kesehatan. Honda juga memberikan pilihan layanan pick up service sesuai dengan ketersediaan layanan di masing-masing dealer resmi Honda. Perbaikan juga tidak dipungut biaya sama sekali.



Simak Video "Kenalin! Wujud Motor Roda Tiga Siap Cari Cuan Tanpa Emisi"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)