Masalah Fuel Pump, Honda Recall 761 Ribu Mobil di Dunia

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Senin, 05 Apr 2021 14:34 WIB
Honda CR-V di Bromo
Honda recall mobil-mobilnya terkait masalah fuel pump. Foto: Rangga Rahadiansyah
Jakarta -

Honda Motor Co mengumumkan recall besar-besaran secara global. Totalnya, lebih dari 700 ribu mobil Honda di dunia harus di-recall karena masalah fuel pump.

Dilansir Reuters, Honda menyebut ada sekitar 761.000 unit mobil di seluruh dunia yang harus di-recall. Menurut Honda, recall ini dilakukan untuk penggantian komponen fuel pump atau pompa bahan bakar.

Dilaporkan, fuel pump itu bisa gagal bekerja dan menyebabkan masalah mesin. Honda belum menerima laporan kecelakaan atau cedera terkait masalah tersebut.

Recall ini mencakup beberapa mobil Honda dan Acura, termasuk Accord, Civic, CR-V, Fit atau Jazz, Pilot, Ridgeline, MDX, RDX dan TLX.

Di Indonesia, Honda juga telah mengumumkan recall beberapa mobilnya akibat masalah fuel pump. PT Honda Prospect Motor (HPM) menyebut, sebanyak 85.025 unit mobil yang sudah beredar di Indonesia masuk program kampanye recall fuel pump.

Model yang terindentifikasi dalam program recall ini meliputi Honda Brio, Honda Mobilio, Honda Jazz, Honda BR-V, Honda HR-V, Honda CR-V, Honda City, Honda Civic dan Honda Accord dengan tahun model antara 2017 hingga 2019.

Honda mengidentifikasi masalah komponen Fuel Pump berpotensi mesin tidak dapat dinyalakan atau mesin berhenti beroperasi secara tiba-tiba saat mengemudi dikarenakan Fuel Pump tidak bekerja sebagaimana mestinya.

Kampanye penggantian komponen Fuel Pump mobil Honda di Indonesia sudah dimulai sejak tanggal 15 Juli 2020 dan dilakukan secara bertahap di seluruh Indonesia tanpa dipungut biaya.

Perkiraan proses penggantian komponen di bengkel resmi Honda adalah 60-90 menit. Honda juga memberikan pilihan layanan pick up service sesuai dengan ketersediaan layanan di masing-masing dealer resmi Honda.

Masalah fuel pump juga menyasar mobil-mobil Jepang lainnya. Beberapa mobil Toyota seperti Avanza, Rush, hingga Alphard, Daihatsu dengan Xenia, Terios dan Sirion, Mitsubishi dengan Xpander serta Nissan Livina ikut di-recall akibat masalah fuel pump ini.



Simak Video "Alasan Toyota Recall Mobil Innova dan Fortuner"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)