Heboh Desain Baru Avanza, Intip Sejarah Perubahan Mobil 'Sejuta Umat' dari Masa ke Masa

Tim detikcom - detikOto
Jumat, 28 Mei 2021 20:20 WIB
Ototest Toyota Avanza
Toyota Avanza 2019 Foto: Rengga Sencaya
Jakarta -

Media sosial diramaikan dengan terkaan masa depan Toyota Avanza. Render desain Avanza itu bukan resmi dari pabrikan, melainkan karya seorang desainer grafis lewat akun instagram @bagasatriakbar.

Bagaimana pun Avanza sudah beranjak dewasa, hampir 18 tahun menemani masyarakat Indonesia. Dalam evolusinya, Avanza baru sampai generasi kedua, lantas perubahan apa saja yang terjadi pada mobil berjuluk sejuta umat ini.

Avanza generasi pertama

Avanza bisa dibilang merupakan cerita sukses Toyota di Indonesia. Sebelumnya, Toyota memutar otak untuk menghadirkan penerus Kijang sebagai mobil keluarga yang terjangkau. Maka, lahirlah Toyota Avanza pada 11 Desember 2003 pada ajang Gaikindo Auto Expo.

Avanza Generasi pertama tahun 2004Avanza Generasi pertama tahun 2003 Foto: Toyota

Ketika pertama kali diperkenalkan, generasi pertama dari Toyota Avanza hadir dalam dua pilihan model yaitu 1.3 G dan 1.3 E dengan kode mesin (K3-DE). Kala itu, tipe 1.3 G yang baru tersedia dalam transmisi manual 5-percepatan.

Kurang dari setahun kemudian, Toyota Avanza dengan transmisi otomatis diluncurkan. Di waktu yang bersamaan, Toyota juga melengkapi line up Toyota Avanza dengan menghadirkan tipe 1.3 S A/T dan diposisikan sebagai flagship kala itu.

Well, bicara desain generasi pertama Avanza memang lebih membulat.

Avanza facelift 2006

Tiga tahun mengaspal, Toyota Avanza mengalami penyegaran pada tahun 2006. Di mana seluruh tipenya telah dibekali dengan mesin VVT-i. Selain itu, terdapat pula perubahan dalam segi eksterior pada grille depan, lampu belakang, dan interior yang lebih trendy.

Avanza generasi pertama minor change 2006Avanza generasi pertama minor change 2006 Foto: Toyota

Berdasarkan catatan detikOto, pada bulan Oktober di tahun yang sama, Toyota kembali memperkenalkan Toyota Avanza 1.5 S yang menggantikan posisi tipe 1.3 S. Hal tersebut menjadikan Toyota Avanza memiliki 2 pilihan tipe yaitu 1.5 S M/T dan 1.5 S A/T, dengan engine 3SZ-VE 1.500 cc 4-silinder VVT-i bertenaga maksimum 109 dk.

Avanza facelift 2008

Lima tahun kemudian, Avanza kembali mendapat sentuhan baru. Salah satunya mengalami improvement dengan model atap yang bergelombang untuk mengurangi bidang yang terkena air saat hujan. Pada sisi interior, beberapa penyegaran juga dilakukan sehingga tampilannya menjadi lebih elegan. Memang secara tampilan, Avanza tidak berubah drastis.

Avanza generasi pertama minor change 2008Avanza generasi pertama minor change 2008 Foto: Toyota

Pada September 2009, untuk memenuhi permintaan masyarakat Indonesia akan Toyota Avanza, Toyota kembali melengkapi line - up Toyota Avanza dengan menghadirkan tipe 1.3 G dengan transmisi otomatis 4-speed. Di bulan Mei 2010, Toyota menghadirkan Toyota Avanza tipe E yang dilengkapi dengan pilihan transmisi otomatis.