Heboh Kemunculan Desain Avanza-Xenia Baru, dari Mana Asalnya?

Ridwan Arifin - detikOto
Jumat, 28 Mei 2021 17:56 WIB
Render desain All New Avanza
Perkiraan desain All New Avanza Foto: Instagram @bagasatriakbar
Jakarta -

Gairah soal kehadiran mobil kembar Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia terbaru mengundang seorang desainer grafis digital, Bagas Satria Akbar membuat perkiraan bentuk mobil berjuluk sejuta umat itu. Menurutnya, garis besar mobil sejuta umat terbaru bakal seperti Toyota Rush atau Terios.

Prediksi desain baru All New Avanza itu diunggah melalui akun instagram @bagasatriakbar. Pria berusia 18 tahun yang tinggal di Kebumen, Jawa Tengah ini menjelaskan beberapa inspirasi yang kemudian dituangkan ke dalam bentuk prediksi desain All New Avanza - Xenia tersebut.

"Saya buat render itu awalnya karena ada rumor all new Avanza-Xenia atau Veloz akan muncul dalam waktu dekat, diperkirakan akhir tahun ini atau awal tahun depan," ujar Bagas saat dihubungi detikcom, Jumat (28/5/2021).

Lebih lanjut, Bagas menceritakan bahwa referensi rendering generasi terbaru mobil kembar Avanza-Xenia tersebut diambil dari konsep DN Multisix. Seperti diketahui DN Multisix yang pernah dipamerkan di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017 lalu.

Di GIIAS 2017, konsep DN Multisix dipamerkan tapi sampai saat ini belum diproduksi massal. Daihatsu DN Multisix merupakan mobil MPV yang bisa saja menjadi saudaranya Xenia, dengan kapasitas 6-penumpang tiga baris.

Seperti dimuat dalam bestcarweb.jp pada 2020 lalu disebutkan pada tahun 2021 akan mengenalkan satu mobil MPV Compact Minivan yang mengusung mobil konsep DN Multisix yang berbasis Daihatsu New Global Architecture (DNGA). Platform DNGA sudah digunakan pada Daihatsu Tanto, Taft, dan Rocky.

Biasanya, mobil konsep ini ditujukan untuk memperlihatkan desain eksteriornya. Ini adalah bukti bahwa desainer Daihatsu telah menciptakan calon kendaraan masa depan.

"Referensi rendering-nya yaitu mobil konsep Daihatsu bernama DN Multisix dan siluet yang sempat bocor yang diduga menjadi penerus dari ketiga mobil tadi," kata Bagas.

Desain mobil menghadap ke belakang garapan Bagas itu juga nampak seperti mobil Low SUV kembar Terios-Rush, utamanya pada bagian belakang yang lebih terangkat.

"Bagian belakang bisa dibilang mirip Rush atau Terios karena belum ada informasi sama sekali mengenai bagian belakangnya kecuali bentuk pilar d-nya. Jadi saya memakai rush/terios untuk referensinya," ungkap Bagas.

Namun belum diperlihatkan bagaimana tampak depan dari desain mobil terkaan dari Bagas.

"Untuk tampak depan, masih dalam pengerjaan oleh teman saya. Saya juga akan melakukan beberapa revisi di tampak belakang untuk menyesuaikan dengan desain Toyota kekinian," sambung dia.

Bagaimanapun usia Toyota Avanza-Daihatsu Xenia saat ini sudah hampir 18 tahun sejak diperkenalkan pertama kali pada 2003. Sementara Avanza generasi kedua yang meluncur pada 2011 telah disegarkan pada 2015 dalam bentuk Grand New Avanza. Pun salah satu mobil terlaris ini kembali disegarkan pada 2019 lalu.

Dimintai tanggapan, Direktur Pemasaran Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy enggan berkomentar banyak terkait peluncuran Avanza generasi terbaru dan desain yang beredar di internet tersebut.

"Saya belum bisa komen ya mas soal produk baru," kata Anton.



Simak Video "Lagi Cari Mobil Bekas? Toyota Avanza Mulai dari Rp 70 Jutaan"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)