Disebut Mirip Jeep Wrangler, Ini Spek Mobil India yang Dijegal Penjualannya

Tim detikcom - detikOto
Sabtu, 22 Mei 2021 06:31 WIB
Mahindra Thar
Mahindra Thar Foto: Mahindra
Jakarta -

Jeep menjegal pabrikan mobil India, Mahindra, agar tak menjual produknya yang mirip Wrangler di Australia, yakni Mahindra Thar, sebuah mobil SUV 4x4. Seperti apa mobil yang disebut kembaran dari Jeep Wrangler tersebut?

Mahindra Thar generasi terbaru resmi meluncur secara global pada Oktober 2020 lalu. Mobil tersebut saat ini dipasarkan lebih dulu di India. Mengutip Gaadiwadi, Mahindra Thar mendapatkan tempat tersendiri di negerinya dengan penjualan tembus di angka ribuan unit per bulan. Bahkan pada Januari 2021, Mahindra Thar terjual 3.152 unit.

Hadir sebagai SUV tangguh, mobil ini punya tampilan eksterior dengan garis lekuk tajam seperti yang dimiliki SUV asal Amerika Serikat Jeep Wrangler. Tak hanya tampilan luarnya saja yang mirip dengan SUV kekar asal Amerika tersebut, tapi juga dengan interiornya.

Namun perbedaan paling besar tentu saja dari sektor dapur pacunya. Mahindra Thar terdapat dua pilihan mesin, pertama bensin 2.0 liter mStallion turbocharged (Tgdi) yang mampu memuntahkan tenaga sebesar 112 kW (150 hp) di 5.000 rpm dan torsi 320 Nm di 1.250 - 3.000 rpm. Sementara yang kedua ialah mesin diesel 2.2 liter mHawk yang sanggup mengeluarkan tenaga 97 kW (130 hp) di 5.000 rpm dan torsi 300 Nm di 1.250 - 3.000 Nm.

Mahindra TharMahindra Thar Foto: Mahindra

Kedua mesin tersebut tersedia pilihan dengan 6-percepatan manual, dan 6 percepatan otomatis. Serta untuk menunjang medan di dua alam, tersedia pilihan penggerak semua roda (4WD).

Kalau bicara harga, mobil ini dijual direntang harga Rs 12.10 lakh sampai Rs 14.15 lakh atau sekitar Rp 238 jutaan hingga Rp 285 jutaan di India. Memang kalau dari segi banderol mobil ini lebih miring dari Jeep Wrangler 2.0 turbo.

Bagaimana pun Jeep tak ingin Mahindra Thar dijual di pasar Australia, dan sudah mengajukan tuntutan ke Federal Court of Australia.

Jeep tetap meminta agar Mahindra segera menghentikan semua kegiatan yang berkaitan dengan impor, distribusi, dan penjualan produk Thar di Australia.

"FCA (perusahaan induk Jeep) sangat yakin bahwa Mahindra sengaja melanggar hak kekayaan intelektual merek Jeep kami, khususnya Jeep Wrangler," lanjut pernyataan Jeep.

"FCA akan mengejar semua jalan yang tersedia untuk menghentikan Mahindra agar tidak terus membuat representasi yang menyesatkan dan menipu terkait dengan merek Jeep kami, memberikan Thar mereka sebagai Jeep Wrangler, dan melanggar hak desain kami," sambung pernyataan tersebut.

Well, ini bukan kali pertama Jeep dan Mahindra berseteru. Pada 2019, Jeep pernah menggugat Mahindra karena menjual Mahindra Roxor di pasar Amerika Serikat antaran desainnya mirip dengan Willys CJ. Pengadilan memutuskan Mahindra bersalah atas pelanggaran merek dagang. Tetapi perusahaan India itu kembali ke tim desain, mengubah beberapa elemen, menyebutnya UTV, dan memenangkan hak untuk menjualnya produknya.



Simak Video "Jeep Putih Jadul Milik Nike Ardilla, 40 Tahun Masih Utuh"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/rgr)