Jijik... Mobil Ini Sengaja Dilumuri Kotoran Sapi, Katanya Biar Adem

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Jumat, 30 Apr 2021 09:57 WIB
Mobil Dilumuri Kotoran Sapi
Mobil Dilumuri Kotoran Sapi. Foto: Istimewa.
Jakarta -

Beberapa mobil di India sengaja dilumuri kotoran sapi. Alasannya, pemilik mobil ingin menjaga mobilnya tetap adem di musim panas yang terik di India.

Kali ini sebuah Hyundai Elite i20 terlihat dilapisi kotoran sapi. Dilansir Cartoq, mobil yang dilumuri kotoran sapi itu viral di jagat maya. Orang-orang terkejut dan memposting foto mobil yang dilumuri kotoran sapi itu.

Sebelum Hyundai Elite i20 ini sudah ada beberapa mobil di India yang dilapisi kotoran sapi. Sebelumnya ada Mahindra XUV 500 yang dilakukan Dr Navnath Dudhal. Dia mengklaim kotoran sapi bisa membantu menjaga mobil tetap dingin dan menggunakan AC lebih sedikit. Dia mengklaim bahwa kotoran sapi mengurangi suhu kabin 5 hingga 7 derajat jika dibandingkan dengan suhu luar.

Tak ada penjelasan ilmiah dari pelapisan kotoran sapi pada mobil tersebut. Masyarakat di India memang menggunakan kotoran sapi di rumahnya agar tetap sejuk. Tapi, belum ada bukti ilmiah yang menunjukkan kotoran sapi juga berfungsi pada mobil.

"Belum ada penelitian apakah mobil yang dilapisi kotoran sapi dapat mengusir panas. Seseorang perlu menilai dengan benar dan kemudian melangkah lebih jauh dengan metode tersebut. Saya kurang paham dengan ide melapisi mobil dengan kotoran sapi, karena begitu logamnya terkena sinar matahari akan memanas. Tetapi jika metode ini benar-benar berhasil, maka ilmuwan dan peneliti harus mengerjakannya. Kita bisa mengadopsi teknologi baru dengan melakukan itu," kata Sachin Punekar, Founder President of Biospheres, sebuah organisasi yang bekerja dengan misi melestarikan keanekaragaman hayati.

Kotoran sapi dinilai sebagai isolator. Secara teknis, kotoran sapi dipercaya dapat menjaga kesejukan mobil. Namun saat hujan pemilik mobil yang dilumuri kotoran sapi bisa-bisa tambah stress. Lapisan kotoran sapi akan bercampur dengan air dan meleleh membentuk zat berlumpur yang akan melewati kaca depan. Karena itu, pengemudi tidak dapat melihat ke luar yang sangat berbahaya di jalan raya. Lalu ada masalah kotoran sapi yang masuk ke ruang mesin yang dapat merusak mesin dan sulit untuk membersihkan ruang mesin.



Simak Video "Pemalakan-Cegat Mobil di Jalan Kerap Terjadi, Lakukan Ini untuk Antisipasi"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)