Tentang Pajero Sport Jenderal Kekaisaran Sunda Nusantara

Tim detikcom - detikOto
Jumat, 07 Mei 2021 14:23 WIB
Mobil Pajero berpelat biru dengan nopol SN-45-RSD ditilang polisi
Foto: Mobil Pajero berpelat biru dengan nopol SN-45-RSD ditilang polisi (Dok. Polda Metro Jaya)
Jakarta -

Mitsubishi Pajero Sport dengan pelat nomor tak biasa bikin heboh. Pajero Sport itu menggunakan pelat biru dengan nopol SN 45 RSD. Pengendaranya mengaku Pajero Sport itu menggunakan pelat nomor Negara Kekaisaran Sunda Nusantara.

Mobil itu digunakan Rusdi Karepesina (55), pria yang mengaku jenderal Kekaisaran Sunda Nusantara. Ini adalah Pajero Sport generasi kedua, atau Pajero Sport pertama yang masuk Indonesia. Untuk diketahui, Mitsubishi Pajero Sport generasi kedua ini yang pertama kali masuk ke Indonesia pada tahun 2009.

Ini berbeda dengan Pajero Sport yang dijual baru oleh PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) saat ini. Pajero Sport 2021 merupakan generasi ketiga yang baru saja mendapatkan versi facelift. Sementara Pajero Sport dengan identitas Kekaisaran Sunda Nusantara itu adalah Pajero Sport generasi kedua.

Berdasarkan foto STNK terbitan Negara Kekaisaran Sunda Nusantara, mobil ini adalah Pajero Sport lansiran 2010. Ini merupakan Pajero Sport dengan mesin 2.500 cc dan transmisi otomatis.

Kendaraan Mitsubishi Pajero bernomor polisi SN-45-RSD yang dikendarai oleh pria bernama Rusdi Karepesina (55) di Tol Cawang. Pria tersebut mengaku sebagai Jenderal Muda di 'Negara Kekaisaran Sunda Nusantara' (Dok Polda Metro Jaya)Kendaraan Mitsubishi Pajero bernomor polisi SN-45-RSD yang dikendarai oleh pria bernama Rusdi Karepesina (55) di Tol Cawang. Pria tersebut mengaku sebagai Jenderal Muda di 'Negara Kekaisaran Sunda Nusantara' (Dok Polda Metro Jaya) Foto: Kendaraan Mitsubishi Pajero bernomor polisi SN-45-RSD yang dikendarai oleh pria bernama Rusdi Karepesina (55) di Tol Cawang. Pria tersebut mengaku sebagai Jenderal Muda di 'Negara Kekaisaran Sunda Nusantara' (Dok Polda Metro Jaya)

Mitsubishi Pajero Sport generasi kedua ini yang pertama kali masuk ke Indonesia pada tahun 2009. Terdapat 3 varian yakni Sport Exceed A/T 4X4, Pajero Sport Exceed A/T 4X2, Pajero Sport GLX M/T 4X4. Pajero Sport generasi kedua yang digunakan Rusdi adalah tipe Exceed 4x2 dengan transmisi otomatis.

Mitsubishi Pajero Sport generasi kedua ini dilengkapi dengan mesin 2.5L DOHC Commonrail Turbocharged and Intercooled, 4 Cylinder In-line (4D56). Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga maksimal 136 PS dan torsi maksimal 324 Nm.

Pajero Sport 2010 seperti milik Rusdi yang mengaku sebagai jenderal Kekaisaran Sunda Nusantara itu juga banyak dijajakan di bursa mobil bekas. Harga pasaran Pajero Sport generasi kedua ini berkisar antara Rp 190 jutaan sampai Rp 200 jutaan.

Sementara itu, Ditlantas Polda Metro Jaya menilang pengemudi Mitsubishi Pajero SN-45-RSD yaitu Rusdi Karepesina yang mengaku Jenderal Kekaisaran Sunda Nusantara. Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo mengatakan Rusdi hanya menunjukkan SIM dan STNK yang diakui dikeluarkan oleh Kekaisaran Sunda Nusantara. Berbekal surat-surat itu, Rusdi disebut ngotot merasa tidak bersalah.



Simak Video "Sunda Nusantara: Berawal dari Nopol Nyeleneh Sampai 'Kantor' di Depok"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)