Hyundai Staria Debut Global, Segini Bocoran Harganya di Indonesia

Ridwan Arifin - detikOto
Rabu, 14 Apr 2021 13:35 WIB
Hyundai Staria
Hyundai Staria Foto: Hyundai
Jakarta -

Mobil MPV Hyundai Staria meluncur secara global, Selasa (14/4/2021). Namun nilai jual kendaraan bermotor (NJKB) mobil yang secara desain mirip dengan pesawat luar angkasa ini sudah muncul di laman Samsat DKI Jakarta.

Debut secara global, ada dua mesin yang ditawarkan. Pertama, mesin diesel VGT 2.2 liter yang dipadukan dengan transmisi manual enam-percepatan atau transmisi otomatis delapan-percepatan, menghasilkan output tenaga dengan estimasi sebesar 177 PS dan torsi 44 kgf-m. Sedangkan mesin bensin berkode G6DIII 3,5-L MPI dikawinkan dengan transmisi otomatis delapan-percepatan, yang bisa menghasilkan estimasi output tenaga sebesar 272 PS dan torsi 33,8 kgf-m.

NJKB Hyundai Staria sudah muncul di Samsat DKI Jakarta. Tertera Staria 2.2 2WD 8 AT dengan NJKB Rp 450 juta. Tampaknya salah satu varian mesin yang dijual di Indonesia ialah mesin diesel VGT 2.2 liter.

Untuk diketahui, NJKB ini bukanlah harga resmi Hyundai Staria. NJKB adalah angka dasar nilai jual kendaraan sebelum dikenakan pajak-pajak seperti Pajak Pertambahan Nilai, pajak kendaraan bermotor (PKB), dan bea balik nama kendaraan bermotor (BBN-KB).

Hyundai Staria disebut sebagai Purpose Built Vehicle (PBV) dengan menawarkan kabin dan interior luas. Pun desain eksterior futuristik yang mencakup bagian depan yang anti-mainstream dengan lampu LED daytime running dan light bar yang memanjang horizontal.

Secara dimensi mobil ini memiliki wheelbase 3.273 mm dengan panjang keseluruhan 5.253 mm dan lebar 1.997 mm, dan tinggi 1.990 mm. Cukup luas untuk sebuah mobil MPV.

Hyundai berencana untuk meluncurkan lini produk Special Vehicle dari Staria, seperti limosin, ambulan, dan mobil untuk berkemah. Selain itu, varian Staria yang ramah lingkungan dijadwalkan untuk dihadirkan di tahun-tahun mendatang.

Penjualan Hyundai Staria baru akan dimulai pada paruh kedua 2021 di Asia dan Australia. Model 11 kursi hanya akan tersedia di Korea.



Simak Video "Rasakan SUV Rasa MPV Racikan Hyundai"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/rgr)