BMW Luncurkan SUV Listrik iX, Harga Setara Mobil BBM

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Kamis, 18 Mar 2021 08:23 WIB
SUV listrik BMW iX
SUV listrik BMW iX. Foto: Dok. BMW
Munich -

BMW kembali meluncurkan mobil listrik terbaru. Kali ini, pabrikan asal Bavaria tersebut memperkenalkan SUV listrik BMW iX.

SUV listrik BMW iX direncanakan meluncur pertama kali di Eropa pada akhir tahun ini. Ada dua varian yang ditawarkan, yakni iX xDrive 40 dan iX xDrive 50.

Versi entry-level xDrive 40 akan dibanderol sekitar 77.300 euro (Rp 1,3 miliaran) di Jerman. Menurut BMW, harga tersebut setara dengan mobil BBM BMW X5.

Tenaga listrik BMW iX disuplai oleh paket baterai lebih dari 70 kWh. Tenaganya disebut lebih dari 321 daya kuda dengan perkiraan jarak tempuh hingga 400 km sekali ngecas.

Sedangkan BMW iX versi xDrive 50 memiliki paket baterai yang lebih besar hingga 100 kWh dengan tenaga maksimal lebih dari 496 daya kuda. Versi ini menyematkan dua motor elektrik. BMW memperkirakan iX xDrive 50 bisa menjangkau jarak hingga lebih dari 600 km. Akselerasi 0-100 km/jam kurang dari 5 detik.

SUV listrik BMW iXSUV listrik BMW iX Foto: Dok. BMW

BMW iX menjadi mobil listrik BMW yang memakai platform baru. BMW iX disebut lebih ramah lingkungan, termasuk motor listriknya tidak menggunakan material tanah jarang. Sel baterai dibuat secara eksklusif menggunakan daya ramah lingkungan dari sumber bersertifikat. Sedangkan aluminium yang digunakan BMW iX diproduksi dengan listrik dari pembangkit listrik tenaga surya.

Selain itu, BMW juga memanfaatkan aluminium sekunder dan plastik daur ulang, sedangkan interior iX menggunakan kayu bersertifikat FSC, kulit yang disamak dengan ekstrak daun zaitun, dan bahan alami lainnya. Beberapa komponen seperti penutup lantai dan karpet juga terbuat dari jaring ikan.

SUV listrik BMW iXSUV listrik BMW iX Foto: Dok. BMW

Motor listrik, transmisi, dan elektronika daya BMW iX digabungkan dalam satu paket yang sangat terintegrasi dalam satu wadah. Desain ini semakin menguntungkan efisiensi powertrain, BMW mengklaim konsumsi daya listrik rata-rata kurang dari 21 kWh per 100 km untuk iX xDrive 50, dan di bawah 20 kWh per 100 untuk model xDrive 40.

BMW iX bisa dicas dengan cepat dengan kecepatan hingga 200 kW untuk xDrive 50, dan hingga 150 kW untuk xDrive 40. Ini berarti BMW iX xDrive 50 yang baru akan mampu menambah jarak lebih dari 120 km setelah pengisian daya selama 10 menit. Pengisian daya baterai antara 10 sampai 80 persen membutuhkan waktu kurang dari 40 menit.



Simak Video "Intip Kemewahan 2 Varian Terbaru BMW Seri 5"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)