BMW Siap Bawa Mobil Listrik Baru ke Indonesia Tahun Depan, iX?

Luthfi Anshori - detikOto
Jumat, 26 Feb 2021 14:53 WIB
Mobil listrik BMW iX
Foto: BMW Group Indonesia.Mobil listrik BMW iX.
Jakarta -

BMW Group Indonesia siap memperkenalkan mobil listrik terbaru mereka pada tahun 2022. Kehadiran mobil listrik terbaru pabrikan Jerman ini bisa menjadi penerus model city car listrik, i3s, yang sudah dijual di Indonesia.

Tren elektrifikasi di Indonesia semakin bergairah berkat kemunculan merek mobil listrik dari berbagai pabrikan. Tercatat, ada beberapa merek mobil listrik di Tanah Air, seperti Tesla, Lexus UX300e, Hyundai Kona electric dan Ioniq, dan BMW i3s.

BMW sebagai salah satu pelopor kendaraan listrik di Indonesia mengatakan bakal terus menghadirkan kendaraan ramah lingkungan ke Indonesia. Tahun ini, pabrikan mobil asal Jerman itu akan merilis mobil jenis plug-in hybrid, lalu diikuti peluncuran mobil listrik full baterai di tahun 2022.

"Jadi di tahun 2021 ini kita akan ada lebih dari 20 kendaraan baru dari BMW dan MINI. Sampai dengan saat ini aja kita dari BMW sudah lima unit kendaraan diluncurkan dari awal tahun. Dan untuk ke depannya kita ada beberapa varian kendaraan terbaru. Mulai dari SUV, sedan, sedan compact, juga akan dihadirkan," kata Director of Communications, BMW Group Indonesia, Jodie O'tania, dalam konferensi vritual, belum lama ini.

"Untuk kendaraan listrik, kita fokus di tahun ini untuk memperkenalkan teknologi terbaru plug-in hybrid BMW. Sebelumnya kita sudah punya i8, di mana i8 roadster dan i8 coupe. Dan di tahun ini kita ada plug-in hybrid dari BMW 330i," sambung Jodie. "Dan di tahun 2022 itu akan ada beberapa kendaraan full listrik yang diperkenalkan dari BMW dan juga MINI," katanya lagi.

BMW sendiri belum memberikan bocoran, mobil listrik apakah yang akan dirilis tahun depan. Namun yang menarik, di situs resmi BMW Group Indonesia, terpampang satu model mobil listrik full baterai, BMW iX. Apakah model tersebut yang bakal diluncurkan?

"Untuk iX secara global itu sudah diperkenalkan, tapi untuk penjualan secara resminya itu belum. Namun sebentar lagi. Dan untuk BMW Indonesia sendiri untuk iX sendiri belum ada di produk kita, karena kita masih fokus sekarang di plug-in hybrid dan juga untuk kendaraan yang relevan untuk pengguna di Indonesia," jelas Jodie.

"Pasti ada rencana (membawa iX) untuk ke depannya. Karena pada saat di acara global, di saat kendaraan itu diperkenalkan dan kita mau melihat seperti apa ketertarikan pelanggan di Indonesia untuk kendaraan listrik ini. Jadi kita memang mau melihat seperti apa sih pendapat dari pelanggan di Indonesia seputar kendaraan listrik ini. Tapi untuk tahun ini, saya bisa katakan itu belum dihadirkan, karena dari peluncuran global sampai peluncuran lokal pasti ada waktunya. Karena kan kita juga butuh pendaftaran kendaraan, uji tipe, dan macam-macam. Dan itu pasti akan makan waktu," terang Jodie.



Simak Video "Sultan Pada Borong di GIIAS, BMW Catat Transaksi di Atas Rp 1 T"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/din)