Buka-Kunci Mobil BMW Bisa Pakai iPhone

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Jumat, 15 Jan 2021 16:20 WIB
Mobil listrik BMW iX Dilengkapi Kunci Digital. Mengunci, membuka kunci hingga menyalakan mesin mobil bisa pakai iPhone.
Foto: Dok. BMW. Mobil listrik BMW iX Dilengkapi Kunci Digital. Mengunci, buka kunci sampai menyalakan mobil bisa pakai iPhone.
Jakarta -

Teknologi kendaraan saat ini semakin canggih. Bahkan, saat ini mobil sudah bisa terkoneksi dengan ponsel. Beragam fungsi mobil bisa dioperasikan melalui ponsel. Salah satu yang terbaru adalah fitur kunci mobil yang terhubung ke ponsel.

Tahun lalu, BMW mengumumkan akan mengadopsi fitur CarKey Apple dan menjadikannya produsen mobil pertama yang menggunakan. Kini, BMW mulai mengadopsi sistem yang disebut Digital Key atau kunci digital.

Dengan Digital Key, pemilik mobil BMW bisa mengunci, membuka kunci dan bahkan menyalakan mobil BMW mereka dengan iPhone yang kompatibel. Dengan begitu, pemilik kendaraan akan merasa nyaman dan aman.

Produsen mobil Jerman itu kini telah mengungkapkan versi yang disempurnakan dari sistem ini yang disebut Digital Key Plus. BMW menggunakan teknologi ultra-wideband (UWB) yang ditemukan di chip U1 di iPhone 11, iPhone 12 dan Apple Watch Series 6.

Fitur ini akan dilengkapi pertama kali pada mobil listrik SUV BMW iX. Digital Key Plus membuat penggunaannya lebih nyaman bagi pemilik. Sebab, pemilik mobil dapat membuka kunci bahkan menyalakan mobil mereka tanpa harus mengeluarkan iPhone dari tas atau saku.

Kalau sebelumnya, fitur serupa yang dirilis BMW pada tahun lalu menggunakan teknologi komunikasi jarak dekat (NFC). Pemilik mobil hanya perlu mendekatkan ponsel mereka di dekat pegangan pintu -pembaca NFC- untuk membuka kunci mobil. Lalu menempatkan iPhone di wadah telepon pintar untuk menyalakan mesin. Kini lebih canggih tanpa harus mengeluarkan ponsel.

Dengan aplikasi ini, pemilik mobil juga dapat membagikan akses kunci digital ini kepada lima orang lainnya. Tetapi pemilik mobil bisa membatasi beberapa hal, seperti tenaga, kecepatan tertinggi hingga pengaturan maksimal volume radio.

BMW menyebut, teknologi radio digital jarak pendek dan bandwidth tinggi memungkinkan pelokalan yang tepat dengan teknologi terbaik. Hal ini memastikan bahwa kemungkinan sistem diretas lebih diminalisir.



Simak Video "Dibanderol Rp 960 Jutaan, BMW R 18 First Edition Meluncur di Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)