Jangan Bingung Ini 3 Jenis Mesin Mobil yang Harus Kamu Ketahui

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Selasa, 16 Mar 2021 14:59 WIB
Daihatsu Ayla Terbaru
Ilustrasi Daihatsu Foto: Pool (Daihatsu Indonesia)
Jakarta -

Mobil merupakan kendaraan penting yang digunakan banyak orang saat ini. Pemahaman pada komponen mobil juga harus diperhatikan oleh pemilik kendaraan termasuk mesin.

Bagi Anda pemilik kendaraan roda empat tentunya harus memahami komponen soal mesin. Karena masih banyak dijumpai para pemilik mobil yang kurang memahami mengenai mesin mobilnya sendiri.

Jika Anda sedang berniat untuk membeli mobil atau sudah memilikinya, perlu diketahui ada tiga jenis mesin mobil. Namun seiring perkembangan waktu, mesin mobil kini lebih cepat dan efisien. Dikutip dari laman resmi Daihatsu, berikut ini sejumlah jenis mesin pada mobil yang perlu anda ketahui.

1. External Combustion

Cara kerja mesin yang satu ini adalah memanfaatkan hawa panas dari sisa pembakaran untuk mengonversi air atau cairan-cairan lainnya hingga menjadi uap. Nantinya uap yang dihasilkan dari konversi tersebut akan disalurkan dalam bentuk tenaga pemutar turbin. Mesin ini biasanya digunakan oleh mobil-mobil pada zaman dahulu, sekarang mesin ini digunakan untuk kereta.

2. Internal Combustion

Nah untuk mesin yang satu ini melakukan pembakarannya di dalam silinder mesin. Cara memanfaatkan tenaga yang dilakukan oleh Internal Combustion ini mirip dengan yang dilakukan External Combustion, yaitu dengan cara menggunakan suhu bertekanan tinggi yang dihasilkan dari kombusi di dalam silinder hingga menjadi tenaga untuk menggerakan piston yang digunakan untuk menjalankan roda.

Lalu apa sebenarnya yang dimaksud dengan piston? Piston sendiri adalah sebuah perangkat yang bergerak fleksibel di dalam silinder dan berguna untuk menyalurkan kekuatan ke crankshaft dengan bantuan connecting rod. Mesin yang satu ini membutuhkan bahan bakar cair maupun gas seperti bensin dan solar.

Daihatsu Taft gendong mesin Rolls-RoyceDaihatsu Taft gendong mesin Rolls-Royce Foto: Alexandre Danton

Tentu ada perbedaan antara penggunaan Internal dan External Combustion, di mana manfaat yang didapat menggunakan mesin Internal Combustion adalah kombusi di dalam mesin lebih ramah dan hemat dibandingkan penggunaan External Combustion.

Berbeda dengan External Combustion yang membutuhkan tempat yang besar, Internal Combustion ini memiliki mesin yang ramping, sehingga banyak digunakan oleh mobil-mobil keluaran terbaru yang memiliki mesin kecil namun menghasilkan kecepatannya tinggi.

3. Mesin Tak

Mesin tak adalah merupakan jenis mesin yang bekerja berdasarkan stroke atau tak. Mesin yang menggunakan tak ini terbagi lagi menjadi dua, yakni dua tak dan empat tak.

Mesin dua tak atau disebut juga two stroke adalah mesin yang menghasilkan torsi lebih banyak, sehingga biasanya kendaraan dengan mesin dua tak memiliki tekanan yang cukup tinggi atau bisa dibilang kinerjanya lebih kencang dibandingkan dengan mesin empat tak.

Sedangkan pada mesin empat tak memiliki ciri piston yang bergerak naik dan turun di dalam silinder mesin sebanyak dua kali. Mobil dengan mesin empat tak ini biasanya memiliki kecepatan dan ketahanan mesin yang lebih unggul dibandingkan dengan mesin dua tak.



Simak Video "Ini Mobil Baru Termurah di Indonesia, Tidak Pakai AC dan Radio"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)