Edan! Film Fast & Furious Sudah Hancurkan 1.400 Mobil

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Selasa, 09 Mar 2021 10:17 WIB
Jakarta -

Film Fast & Furious selalu menarik untuk ditonton. Adegan-adegan bersama mobil keren menjadi salah satu hal yang ditunggu-tunggu. Terlebih, dalam film tersebut banyak mobil keren yang hancur.

Di balik layar, ribuan mobil dihancurkan selama pembuatan film yang pertama dirilis 20 tahun lalu itu. Craig Lieberman yang bekerja sebagai penasihan teknis untuk dua film pertama Fast & Furious membeberkan fakta soal mobil yang dihancurkan untuk pembuatan film tersebut.

Menurut Lieberman, beberapa versi dari mobil yang sama dibuat untuk tujuan berbeda. Satu mobil utama, misalnya, digunakan untuk bidikan close-up, kemudian ada lagi mobil yang jadi 'pemeran pengganti', dibuat untuk kepentingan lain seperti dihancurkan dan sebagainya.

Mungkin banyak yang menyayangkan mobil-mobil langka dihancurkan dalam film tersebut. Tapi faktanya, mobil yang dihancurkan itu adalah mobil pemeran pengganti, yang dibuat dari barang rongsokan atau dibangun kembali dengan menggunakan suku cadang dari beberapa mobil yang tak terpakai. Misalnya, Dodge Challenger di 2 Fast 2 Furious dibuat dari tiga mobil yang tak terpakai.

Tahun lalu, perusahaan asuransi Inggris Insure the Gap meneliti berapa banyak mobil yang dihancurkan dalam film Fast & Furious hingga Furious 7. Berikut rinciannya:

- The Fast & The Furious: 78 mobil
- 2 Fast 2 Furious: 130 mobil
- The Fast & the Furious: Tokyo Drift: 249 mobil
- Fast & Furious: 190 Mobil
- Fast Five: 260 mobil
- Fast & Furious 6: 350 mobil
- Furious 7: 230 mobil.

Secara total, ada 1.487 mobil yang telah dihancurkan dalam film Fast & Furious. Itu pun belum termasuk film Fate Of The Furious atau Hobbs & Shaw. Untungnya, tidak ada mobil langka atau mobil koleksi yang dihancurkan dalam pembuatan film Fast & Furious.

Pada Fast & Furious 9 yang akan hadir tak lama lagi juga ada adegan menghancurkan mobil. Sutradara Justin Lin mengungkapkan fakta unik, untuk menayangkan adegan durasi empat detik, persiapannya dilakukan hingga delapan bulan dan menghancurkan tiga mobil.

"Satu shoot empat detik di #F9. 8 bulan persiapan. 4 hari produksi. 3 mobil hancur. Pekerjaan dari lebih dari seratus kru paling berdedikasi dan berbakat. Pekerjaan terbaik di dunia!," cuit Justin Lin sambil mengunggah video di balik layar F9.

Adegan empat detik yang dimaksud adalah ketika sebuah mobil Toyota 86 berkelir merah seakan tersedot magnet. Adegan itu digambarkan dalam klip teaser berdurasi 30 detik di bagian akhirnya. Mobil Toyota 86 merah tersebut terlempar ke dalam gedung, menabrak sisi gedung lainnya dan masuk ke truk yang lewat.

(rgr/din)