Ada Maung Pindad Versi Warna-warni, Sudah Dijual untuk Umum?

Ridwan Arifin - detikOto
Jumat, 05 Mar 2021 15:40 WIB
Mobil Pindad Maung
Warna-warni mobil kekar Pindad Foto: Instagram @plat_dinas_official
Jakarta -

PT Pindad (Persero) memamerkan jejeran mobil Maung versi sipil. Dalam akun instagram resmi Pindad terlihat tiga mobil kekar itu sedang kejar-kejaran, dari warna hijau, kuning, hingga biru. Apakah mobil ini siap dilepas untuk masyarakat Indonesia?

Dikonfirmasi detikcom, Direktur Utama PT Pindad (Persero), Abraham Mose, menyampaikan bahwa model tersebut belum 100 persen bakal dilepas untuk sipil. Saat ini Pindad juga sedang melakukan tahap pengujian terhadap 10 pabrikan untuk dipilih mesin mana yang akan digunakan.

"Jadi kita lagi bikin prototipe itu 10 (unit) dengan berbagai varian. Nanti kita akan lihat mana yang terbaik, malah nanti kita akan coba adakan lomba desain untuk mobil Maung ini. Sehingga mendapatkan yang paling pas dengan konsumen untuk civilian version," ujar Abraham saat dihubungi detikcom, Jumat (5/3/2021).

Lebih lanjut, foto lain juga diunggah akun instagram @plat_dinas_official. Selain bentuk mobil Maung versi sipil, PT Pindad juga tengah menyiapkan model double cabin.

[Gambas:Instagram]



Saat ini mobil Maung versi sipil belum dilepas ke masyarakat secara umum. Namun Abraham berkomitmen Pindad bakal masuk ke pasar komersil untuk kendaraan Rantis Maung versi sipil, yang diperkirakan akan dirilis pada Juli 2021.

"Sesuai yang saya sampaikan kita baru siap untuk sipil di Juli-lah," jelas Abraham.

Bicara spesifikasi, Maung versi sipil tentunya akan berbeda dengan versi militer karena terdapat kelengkapan versi militer yang tidak akan digunakan dalam versi sipil. Di antaranya bracket senjata, roll bar, dan beberapa penyesuaian lainnya.

"Sekarang yang keluar itu bukan versi sipil. Itu kita cuma cabut bracket senjata, aksesori military. Begitu masuk civilian kan, itu konsep-konsep rolling bar-nya kita hilangkan," tandas Abraham.

[Gambas:Instagram]





Simak Video "Jajal Langsung Maung Buatan Pindad"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)