Bupati Jember Hendry Siswanto Jadi yang Pertama Miliki Maung Pindad Versi Sipil

M Luthfi Andika - detikOto
Rabu, 17 Feb 2021 07:07 WIB
Bupati Jember terpilih H Hendy Siswanto membeli mobil taktis Maung produksi PT Pindad untuk mobil dinas. Kendaraan itu akan dipakai terutama saat mengunjungi warga di pelosok.
Maung Foto: Instagram Hendy Siswanto
Jakarta -

Merogoh kocek sendiri, Bupati Jember Hendry Siswanto memberli Maung produksi PT Pindad. detikers jangan iri ya, kini Hendry Siswanto tercatat sebagai orang pertama yang memiliki Maung versi sipil.

Seperti yang disampaikan Direktur Utama PT Pindad (Persero) Abraham Mose kepada detikOto. Abraham memastikan Maung milik Hendry Siswanto adalah mobil Maung versi sipil meski belum semua masyarakat bisa memiliki Maung.

"Itu versi umum. Itu versi sipil pertama yang sebenarnya kita masih lanjutkan untuk memperkenalkan versi-versi berikutnya, finalnya di Juli 2021," ujar Abraham.

Abraham menjelaskan perbedaan mendasar dari model Maung militer dan versi sipil milik Hendry Siswanto terletak pada bobot yang ditawarkan.

"Lebih ringan dan hal-hal yang terkait support untuk military dihilangkan, seperti dudukan senjata dan lain-lain. Sedangkan untuk versi sipil tentunya konsep tubularnya dikurangi dari cap engine dan lain-lain masih tetap," kata Abraham.

Bupati Jember Terpilih Beli Mobil Maung Buatan PindadBupati Jember Terpilih Beli Mobil Maung Buatan Pindad Foto: Instagram Hendy Siswanto

Lalu apakah akan ada perbedaan Maung milik Hendry dengan Maung milik masyarakat lain yang nantinya akan diproduksi?

"Nggak juga (tidak ada perbedaan mobil Maung milik Hendry dan masyarakat lainnya) kita buat mirip Toyota misalnya ada type-type yang berbeda. Karena kadang bicara acessories bisa tergantung selera, tapi kalau standart atau basic engine dan lain-lainnya sama," jelas Abraham.

Untuk pemesanan, Abraham mengatakan sudah ada ratusan unit Maung yang telah terpesan. "Sudah ratusan unit yang terpesan, kita masih terus improve untuk versi-versi lainnya," Abraham menambahkan.

Jika coba diartikan Maung milik Hendry masih menawarkan desain dengan memiliki kemampuan manuver yang gesit dan andal untuk mendukung mobilitas penggunanya di berbagai medan. Soalnya pada dasarnya Maung dirancang memiliki kemampuan modular untuk difungsikan menjadi berbagai varian operasi.

Dari tampilannya, Rantis Maung tampak tangguh. Di bagian depan ada 4 lampu kotak yang dilapisi dengan tralis, motor winch (tali untuk menarik kendaraan) hingga 4,5 ton, serta Hi Lift jack yang membuat Rantis Maung terlihat siap melahap semua medan.

Sedangkan pada tampak samping terlihat Rantis Maung memiliki kaki-kaki yang dirancang sangat kuat berkat pemasangan suspensi depan independent, Coilover shock, dan long arm. Pada bagian suspensi belakang, Maung menggunakan Rigid, Coilover shock, dan four link arm.

Selanjutnya kemudahan untuk mengubah penggerak roda dari 2 wheel atau 4 Wheel juga dirasakan siapa saja yang mengendarai Rantis Maung. Karena pada bagian center dashboard pengendara cukup mengubah penggerak dari 2 Wheel menjadi 4 Wheel dengan memutarkan tombol.



Simak Video "PT Pindad Siap Produksi 40 Ventilator Per Hari"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)