Honda Jazz Setop Produksi, Berapa Harganya Sekarang?

Luthfi Anshori - detikOto
Kamis, 04 Mar 2021 18:59 WIB
Honda Jazz
Honda Jazz disetop produksinya di Indonesia (Dok. HPM)
Jakarta -

Honda Jazz resmi disetop produksinya di Indonesia. PT Honda Prospect Motor (HPM) selaku agen pemegang merek mobil Honda di Indonesia mengatakan bahwa unit Honda Jazz tersisa sekitar 300-an unit. Di website Honda Indonesia pun, harga dan pilihan tipe Honda Jazz masih dipajang.

Honda City Hatchback RS dipastikan menjadi suksesor Honda Jazz di Tanah Air. Mobil yang memiliki basis dari sedan Honda City ini punya karakter sporty dan kaya fitur sebagai modal utama mengarungi kompetisi di segmen hatchback.

"Jadi karakter sporty, desain yang sporty serta performa engine yang baik itu melekat sekali di segmen hatchback ini. Karakter City Hatchback itu sangat mirip dengan Jazz yang sporty desainnya, performa mesin baik. Bahkan soal value for money-nya, City Hatchback lebih bagus," jelas Billy, pada konferensi virtual, belum lama ini.

Sehubungan dengan berhentinya proses produksi, maka unit Honda Jazz yang ada di jaringan dealer Honda, statusnya tinggal stok saja. Artinya, unit Jazz saat ini terbatas dan akan semakin langka ke depannya.

"Ya sekarang kami sudah tidak produksi (Jazz) lagi di Indonesia. Jadi delivery Honda Jazz terakhir ke market itu bulan (Februari) lalu, sepertinya kalau lihat stoknya masih ada sekitar 300 unit di dealer kami. Itu kalau pecinta Jazz buru-buru saja diorder," sambung Billy.

Jika melihat di situs resmi Honda Indonesia, Honda Jazz masih dijual dalam 4 varian dan harga. Tipe M/T harganya Rp 255 juta, tipe CVT Rp 265,5 juta, tipe RS M/T Rp 288 juta, dan tipe RS CVT harganya Rp 298,5 juta. Tambahan informasi, harga tersebut adalah rekomendasi harga Jakarta dan kepemilikan mobil pertama. Harga dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Kendati tak lagi diproduksi, HPM menjamin layanan purnajual tetap tersedia untuk seluruh Honda Jazz yang telah dipasarkan di Indonesia. Jadi konsumen maupun calon konsumen Honda Jazz tidak perlu khawatir perihal layanan aftersales.

Menariknya, HPM tidak menutup kemungkinan untuk memproduksi dan menjual Honda Jazz kembali seandainya market menginginkan. "Untuk saat ini kami memang tidak memproduksi lagi Honda Jazz di Indonesia. Namun kami terus mempelajari kebutuhan konsumen, sehingga tidak menutup kemungkinan untuk kembali memasarkan model (Jazz) ini lagi jika memang ada pasarnya dan kebutuhan dari konsumen," ungkap Billy.

Sebelum tutup usia, sudah banyak Honda Jazz yang beredar di Indonesia. Mengacu pada data penjualan wholesales (distribusi dari pabrik ke dealer) yang dicatat Gaikindo, selama 2004-2020 Honda Jazz di Indonesia terjual sebanyak 327.394 unit.



Simak Video "Sayonara! Ini Honda Jazz Produksi Terakhir"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/din)