Bukan Dilelang, Mobil Selundupan di Filipina Dihancurkan

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Rabu, 10 Feb 2021 17:38 WIB
Mobil Selundupan di Filipina Dihancurkan
Mobil selundupan dihancurkan. Foto: Dok. Biro Bea Cukai Filipina
Manila -

Pemerintah Filipina kembali membuktikan langkah tegas terhadap pihak yang melanggar aturan. Salah satunya adalah menghancurkan mobil-mobil yang diselundupkan ke negara itu.

Jika di Indonesia mobil-mobil ilegal dilelang negara, di Filipina Biro Bea Cukai memilih menghancurkan kendaraan selundupan. Baru-baru ini, sepuluh unit mobil selundupan menemui ajalnya setelah dihancurkan alat berat.

Biro Bea Cukai Filipina menghancurkan kendaraan di pelabuhan Manila dan Cebu sebagai peringatan bagi penyelundup.

Mobil yang dihancurkan itu terdiri dari mobil baru dan bekas. Itu termasuk mobil klasik, kendaraan mewah bekas dan SUV.

Mungkin mobil selundupan paling mahal yang dihancurkan oleh Biro Bea Cukai Filipina itu adalah Porsche 911 klasik berpendingin udara, diikuti oleh Alfa Romeo 2000 GTV dan Mercedes-Benz W109.

Mobil Selundupan di Filipina DihancurkanMobil Selundupan di Filipina Dihancurkan Foto: Dok. Biro Bea Cukai Filipina

Kendaraan lain yang dihancurkan oleh alat berat adalah Bentley Continental GT, Toyota Land Cruiser (LC76), Ford F-150 Raptor, Range Rover, dan dua van mewah. Tidak ada mobil mewah atau supercar seperti Lamborghini, McLaren, atau Ferrari yang disertakan dalam penghancuran barang selundupan itu.

Mobil Selundupan di Filipina DihancurkanMobil Selundupan di Filipina Dihancurkan Foto: Dok. Biro Bea Cukai Filipina

Ini bukan kali pertama Filipina menghancurkan mobil selundupan. Pemerintah Filipina di bawah kepemimpinan Presiden Rodrigo Duterte sangat tegas menangani kendaraan mewah yang mengakali pajak. Tak cuma dikenakan denda yang besar atau menyita dan melelangnya, kendaraan mewah yang mengakali pajak di Filipina segera dimusnahkan.

Sudah beberapa kali pemerintah Filipina memusnahkan kendaraan mewah yang pemiliknya menyeleweng. Tak tanggung-tanggung, kendaraan mewah itu langsung digilas oleh buldoser.

Salah satu mobil mewah selundupan yang digilas oleh pemerintah Filipina adalah Ferrari 360 Spider. Importir Ferrari 360 Spider tersebut dikatakan telah mengakali pajak impor.

Pada 2018 pemerintah Filipina memusnahkan lebih lebih dari 20 mobil mewah dengan buldoser. Mobil yang dihancurkan beberapa ada yang harganya mencapai US$ 115.000 atau sekitar Rp 1,5 miliar. Mobil mewah yang dihancurkan antara lain merek Audi, BMW, Corvette Stingray, Jaguar, dan Lexus.

Penghancuran yang kedua dilakukan dengan menggilas 14 kendaraan. Mobil yang bernasib sial itu di antaranya adalah Maserati Quattroporte, Porsche 911 GT3, BMW Alpina B12, BMW Z1, Opel Manta, Renault 5, dan delapan mobil Mercedes Benz.

Bukan hanya mobil selundupan, motor yang diimpor tak sesuai aturan pun habis digilas. Pada 2018, sebanyak 112 unit motor Vespa baru, motor BMW bekas, motor gede Harley-Davidson, dua unit motor Triumph dilindas buldoser hingga menyisakan puing. Mobil Mitsubishi Pajero, dua unit Land Rover, Volvo, Ford Ecoline 2002 dan Ford Ecoline E350 2005 turut dihancurkan.



Simak Video "Filipina Sita Kerang Raksasa Senilai Rp 365 M"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/lth)