Hyundai dan KIA: Tak Ada Kesepakatan Bikin Mobil Listrik untuk Apple

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Senin, 08 Feb 2021 19:34 WIB
Apple Car siap meluncur tahun 2024
Ilustrasi Apple Car (Autoevolution)
Jakarta -

Sempat tersiar kabar Hyundai akan melakukan kerja sama dengan Apple mengembangkan Apple Car. Wacana tersebut kini dipastikan tak terjadi setelah Hyundai menyatakan pembicaraan tidak berjalan.

Hyundai secara resmi telah mengeluarkan pernyataan soal kelanjutan pembicaraan dengan Apple. Pabrikan otomotif asal Korea Selatan itu mengatakan bahwa mereka (dan juga KIA) belum menentukan keputusan lebih lanjut mengenai kerjasama pembuatan Apple Car.

"Kami menerima permintaan kerjasama dalam pengembangan kendaraan listrik otonom dari berbagai perusahaan. Namun hingga sekarang masih dalam tahap awal dan belum ada keputusan," tulis pernyataan resmi tersebut.

"Kami tidak melakukan pembicaraan dengan Apple mengenai pengembangan kendaraan mobil otonom," sambung pernyataan itu.

Pernyataan Hyundai tersebut membawa berdampak pada nilai saham mereka di bursa. Harga saham Hyundai di pasar bursa merosot sebesar 4,3%, sementara KIA turun 12%.

Sebelumnya, Apple dan Hyundai telah melakukan perbincangan sejak tahun 2018 dalam menjajaki pengembangan mobil. Rumor mengenai kelanjutan kerjasama tersebut muncul kembali pada bulan Januari, di mana Hyundai dan Kia disebutkan akan membantu mengembangkan mobil otonom listrik untuk Apple. Mobil tersebut diprediksi akan diluncurkan pada 2025.

Bukan itu saja, mereka juga kabarnya berencana akan membangun pabrik baterai di AS. Pabrik tersebut pada awalnya disebutkan bakal dikelola oleh Hyundai dan Kia.

"Apple dan Hyundai sedang berdiskusi, tetapi karena masih dalam tahap awal, belum ada keputusan yang bisa diambil," tutup pernyataan itu..



Simak Video "Rasakan SUV Rasa MPV Racikan Hyundai"
[Gambas:Video 20detik]
(din/din)