Hyundai Mundur dari Proyek Mobil Listrik Apple, Takut Brand-nya Kalah Pamor?

Luthfi Anshori - detikOto
Kamis, 21 Jan 2021 20:58 WIB
Apple Car siap meluncur tahun 2024
Ilustrasi mobil listrik Apple. Foto: Autoevolution
Jakarta -

Belum lama ini tersiar kabar jika Apple ingin menjalin kerja sama dengan Hyundai untuk membuat mobil listrik otonom pertamanya. Namun baru-baru ini Hyundai justru dikabarkan mundur dari proyek tersebut lantaran khawatir mereknya kalah pamor dari perusahaan teknologi kondang asal AS itu.

Seperti dikutip dari eDaily, Hyundai Motors dikabarkan tidak jadi masuk dalam rantai suplai produk mobil listrik pertama Apple. Dijelaskan bahwa Hyundai lebih memilih mengembangkan mereknya sendiri di kancah elektrifikasi. Jelasnya, pabrikan Korea Selatan itu khawatir jika proyek mobil listrik ini dipimpin oleh Apple, maka Hyundai Motor akan sekadar menjadi pabrik OEM (Original Equipment Manufacturer) untuk mobil listrik Apple.

"Hyundai Motors, yang memiliki kekuatan merek, telah memutuskan bahwa tidak perlu mengambil alih bisnis mobil Apple," kata sumber internal Hyundai.

Nah, meskipun Hyundai tidak jadi ikut dalam proyek tersebut, secara holding Hyundai tetap akan menjalin kerja sama dengan Apple untuk membuat mobil listrik otonom.

Hyundai Motor Group akan mengusulkan anak perusahaan mereka, KIA, untuk terlibat lebih jauh dalam kerjasama pembuatan mobil listrik Apple. Hal itu sesuai dengan pengumuman rencana jangka panjang KIA yang akan mempromosikan berbagai bisnis berbasis teknologi canggih, seperti solusi mobilitas, Purpose-Built Vehicle (PBV), dan juga tidak menutup kemungkinan untuk mengembangkan dan memasok kendaraan kustom.

Presiden KIA, Ho-sung Song, sebelumnya juga pernah mengumkan tentang strategi masa depan perusahaan ini pada tanggal 15 Januari lalu. Menurut Ho-sung So, perubahan logo dan slogan KIA mencerminkan keinginan untuk memenuhi beragam kebutuhan pelanggan di seluruh dunia dan membuka cakrawala baru melalui ekspansi ke area bisnis baru.

Jika nantinya KIA memutuskan untuk terlibat dalam proyek mobil listrik Apple, maka kemungkinan besar produksinya akan dilakukan di pabrik KIA yang berlokasi di Georgia, AS.



Simak Video "Hyundai Siapkan Mobil Listrik Murni Pertama di Indonesia!"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/din)