Apple Car Meluncur Tahun Depan?

Rizki Pratama - detikOto
Selasa, 22 Des 2020 12:38 WIB
Apple Car siap meluncur tahun 2024
Apple Car meluncur tahun depan. Foto: Autoevolution
Jakarta -

Perusahaan teknologi Apple yang dikenal dengan produksi gawainya berencana untuk menembus industri otomotif. Merek Amerika Serikat berlogo buah apel tergigit itu akan menjual mobil listrik dengan pasokan komponen dari Taiwan.

Sebelumnya beredar kabar mobil listrik itu akan meluncur di tahun 2024, tapi salah satu pemasok komponennya mengabarkan mobil itu akan diluncurkan tahun 2021. Sebuah laporan dari Taiwan mengklaim bahwa sejumlah pemasok suku cadang Taiwan telah mulai meningkatkan produksi mobil Apple.

Perusahaan seperti Heda, BizLink-KY, Heqin, dan Tomita diyakini akan mengerjakan komponen yang harus dikirimkan selama dua kuartal pertama tahun 2021, sebelum produk jadinya debut pada September 2021.

Dikutip dari Motor1 laporan baru ini bertentangan dengan laporan sebelumnya yang mengklaim Apple masih dalam pembicaraan awal dengan pemasok tentang komponen yang dibutuhkannya untuk mobil tersebut. Tahap pengembangan yang sebenarnya dari proyek tersebut masih menjadi misteri untuk saat ini, tetapi laporan baru ini tampaknya menunjukkan bahwa raksasa teknologi itu sangat dekat dengan tahap R&D dan pengujian akhir.

Apple diberi izin untuk menguji mobil listrik otonom ini di jalan umum di California pada tahun 2017. Namun, kira-kira dua tahun kemudian, Apple memutuskan untuk menurunkan konsentrasinya pada proyek tersebut dan mengurangi 200 orang karyawannya.

Sempat muncul keraguan akan kelanjutannya. tapi kabar dari pemasok ini mengubah keraguan itu meski memang belum dikonfirmasi oleh Apple.

Laporan resminya, Apple telah berkomitmen menjalin kerja sama dengan perusahaan asal Taiwan, TSMC (Taiwan Semiconductor Manufacturing Company). TSMC akan diberi tanggung jawab membuat chipset canggih untuk kemampuan self-driving pada Apple Car.



Simak Video "Apple Perkenalkan AirTag, Perangkat Pesaing SmartTag Samsung"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/rgr)