Toyota Jadi Mobil Paling Laris di Dunia Tahun 2020

Doni Wahyudi - detikOto
Jumat, 29 Jan 2021 08:48 WIB
Toyota C-HR Hybrid GR Sport
Toyota jadi pabrikan mobil dengan penjualan paling banyak di tahun 2020 (Toyota)
Jakarta -

Toyota merebut kembali status sebagai pabrikan dengan jumlah penjualan mobil terbanyak di dunia tahun 2020. Toyota mengalahkan seteru terbesarnya dari Jerman, Volkswagen (VW).

Dikutip dari CNBC, penjualan global Toyota pada tahun 2020 mencapai angka 9,528 juta kendaraan. Penjualan ini termasuk line up produk Daihatsu dan Hino.

Angka tersebut sejatinya menurun 11,3% dibanding tahun sebelumnya, namun tetap mengantar Toyota ke posisi paling atas sebagai merek mobil paling laris di dunia.

Ini adalah kali pertama dalam lima tahun terakhir Toyota kembali jadi mobil terlaris. Dalam periode sebelumnya, status tersebut dipegang oleh VW.

Adapun VW duduk di posisi dua dengan angka penjualan global mencapai 9,305 juta kendaraan. Sama seperti Toyota, VW juga mengalami penurunan penjualan. Angkanya lebih besar, mencapai 15,2%.

Sama seperti pabrikan mobil lainnya di seluruh dunia, Toyota dan VW sangat terpengaruh pandemi virus Corona. Penjualan mengalami koreksi besar-besaran di banyak negara. Selain itu beberapa pabrik juga terpaksa ditutup karena permintaan pasar yang terus menurun.

Namun tak seperti VW, Toyota sangat terbantu dengan penjualan di Jepang dan banyak negara Asia. Dua wilayah tersebut tetap terdampak pandemi, namun tidak separah yang terjadi di Eropa dan Amerika Serikat.

"Fokus kami bukan soal ranking, tapi melayani pelanggan," ucap seorang juru bicara Toyota.

Menjelang akhir tahun 2020, permintaan mobil menunjukkan tanda-tanda kebangkitan. Terutama di China, Toyota, VW, dan berbagai merek lain bertarung untuk memenuhi permintaan pasar yang terus berkembang, terlebih untuk kendaraan listrik.

Toyota menyebut, dari total penjualan global mereka di tahun 2020, sebanyak 23% merupakan kendaraan listrik. Naik dari tahun sebelumnya sebesar 20% dari total penjualan.



Simak Video "Bakal Dipakai KTT G20, Mobil Listrik Toyota bZ4X Malah Kena Recall"
[Gambas:Video 20detik]
(din/rgr)