Suzuki XL5, Inikah Varian Paling Wah dari Karimun Wagon R?

Ridwan Arifin - detikOto
Minggu, 24 Jan 2021 12:26 WIB
Perkiraan desain Suzuki XL5
Render Suzuki XL5 Foto: Indianaautosblog
Jakarta -

Maruti Suzuki India sedang menyiapkan versi premium dari Wagon R. Calon mobil barunya itu dipanggil Suzuki XL5. Di Indonesia mobil city car ini juga dikenal dengan Karimun Wagon R.

Dicuplik dari Cartoq dan Indianautosblog, Minggu (24/1/2021), Suzuki XL5 menggunakan basis dari Karimun Wagon R. Kabarnya mobil ini bakal bergaya ala crossover, dengan postur yang sedikit lebih jangkung.

Strategi ini mengingatkan dengan apa yang dilakukan Suzuki pada Ertiga, yang kemudian lahir XL7.

Belum lama ini Suzuki XL5 kembali tertangkap kamera sedang diuji jalan di India dengan balutan kamuflase. Dalam foto-foto tersebut terlihat, Suzuki XL5 masih menggunakan DNA yang dimiliki Karimun Wagon R, yang cenderung berbentuk kotak.

Tapi terlihat beberapa ubahan pada bagian fascia, velg, dan buntut dari Suzuki XL7.

Suzuki XL5Spy shoot yang diduga Suzuki XL5 Foto: Motoroctane

Pada bagian muka misalnya, Suzuki XL5 memiliki tampang berbeda dari Wagon R. Lampu depan dipisah menjadi dua, di mana headlamp utama terletak di bawah, sedangkan lampu sein dan DRL berada paling atas.

Sementara velg, Suzuki XL5 menggunakan ukuran yang lebih besar, yakni 15 inch atau percis dengan milik Suzuki Ignis.

Berbicara tentang interior, tidak banyak informasi yang tersedia tentangnya, tetapi digadang punya kualitas lebih baik dari Wagon R.

Dari fitur hiburan, Suzuki XL5 rumornya bakal mendapatkan sistem informasi generasi terbaru touch screen yang terhubung dengan Android Auto dan Apple CarPlay.

Sebagai varian premium, XL5 disebut bakal memiliki fitur-fitur seperti pengatur suhu otomatis, roda kemudi multi-fungsi, power window, keyless entrey, start/stop button, sensor parkir belakang, ABS, dual airbag dan beberapa fitur yang membuatnya lebih tinggi dari Wagon R.

Urusan dapur pacu, nampaknya Suzuki XL5 masih menggunakan mesin bensin berkapasitas 1.2 liter. Di atas kertas, mampu memuntahkan tenaga 82 dk dan torsi 113 Nm. Tenaga tersebut disalurkan dengan 2 pilihan sistem transmisi, yaitu manual 5 percepatan dan Automated Manual Transmission (AMT) 5 percepatan.



Simak Video "Dijual Rp 300 Jutaan, Suzuki Hayabusa Laku 100 Unit dalam 1 Jam"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/lua)