Serunya Tunggangi Mobil Listrik Mungil Renault Twizy Langsung di Paris

M Luthfi Andika - detikOto
Sabtu, 23 Jan 2021 14:28 WIB
Uji Renault Twizy langsung di Paris, Prancis
Renault Twizy Foto: M luthfi Andika/detik.com
Jakarta -

Maxindo Renault Indonesia mengumumkan mulai menjual mobil listrik mereka Twizy dengan harga Rp 408 juta. Mobil listrik ini pun dikatakan langsung diimpor dari Prancis, dan hanya dijual secara terbatas di Indonesia hanya 30 unit saja.

Tentu mobil listrik ini bisa menjadi pilihan di Indonesia, karena memang memiliki beberapa kelebihan. Selain efisien karena berbekal listrik, tubuh yang mungil bisa menjadi alasan utama memecah kemacetan di jalanan ibukota seperti Jakarta. Terlebih detikOto sudah pernah merasakan kenyamanan yang diberikan mobil listrik Renault Twizy langsung di Paris, Prancis.

Desain dan dimensi yang unik

Uji Renault Twizy langsung di Paris, PrancisUji Renault Twizy langsung di Paris, Prancis Foto: M luthfi Andika/detik.com

Dalam pengalaman langsung detikOto, Renault Twizy memiliki desain unik yang mampu menarik perhatian siapa saja yang melihatnya. Dengan memiliki 2 kapasitas penumpang, mobil listrik mungil ini memiliki panjang 2,32 meter, lebar 1,19 meter dan tinggi 1,46 meter. Namun mobil ini juga dikatakan sangat pas untuk dikendarai di dalam kota.

Desain unik jelas terlihat disekujur bodi milik Renault Twizy. Dengan memiliki headlamp bulat, memiliki kaca plastik pintu terbuat dari plastik (karena memang aslinya tidak dilengkapi dengan kaca), bodi mungil dan pelek sporty dipastikan siapa pun akan menoleh untuk melihatnya.

Ngomong soal berat, mobil berdesain unik ini terbilang sangat ringan mencapai 450 kg, dan ini sudah termasuk bobot baterai lithium ion mencapai 100 kg.

Tampilan unik terlihat pada bagian belakang, didesain tubuh belakang terlihat seolah menyatu hingga bagian depan. Stoplamp memanjang terlihat mewah, dengan lambang renault dan tulisan Tiwzy jelas memperkental karakter dari mobil listrik ini.

Interior Mungil dan Kursi yang Disesuai dengan badan

Uji Renault Twizy langsung di Paris, PrancisUji Renault Twizy langsung di Paris, Prancis Foto: M luthfi Andika/detik.com

City car listrik pabrikan asal Prancis yang satu ini juga tidak bisa dianggap remeh mengenai kenyamanannya. Posisi duduk yang sesuai dengan posisi badan, membuat pengendara bakal merasa nyaman saat mengendarainya.

Tidak sampai disitu, kemewahan juga terlihat pada bagian dashboard dengan fitur digital, serta kemudahan mengatur transmisi berada di dashboard bagian sisi kiri.

Keunikan lainnya juga terdapat pada bagian handbrake yang berbentuk tuas, serta sabuk pengaman yang disediakan. Renault Twizy memiliki 2 sabuk pengaman, satu sisi model sama seperti model sabuk pengaman mobil standar yang menyilang. Satu lagi sabuk pengaman berbentuk dipakai di sisi kanan saja layaknya menyelempangkan tali tas.

Selanjutnya kursi penumpang kecil dibagian belakang, meski tidak terlalu luas dipastikan Twizy mampu menampung penumpang yang ingin ikut berkendara.

Langsung Uji Coba Renault Twizy di Paris

Uji Renault Twizy langsung di Paris, PrancisUji Renault Twizy langsung di Paris, Prancis Foto: M luthfi Andika/detik.com

Tidak banyak basa-basi, detikOto pun langsung mencicipi bagaimana sih ketangguhan Twizy. Terlebih mengendarainya langsung di kota kelahirannya Paris.

Sebagai catatan Renault Twizy ini tersedia dalam 2 versi yakni Twizy 45 yang memiliki tenaga 5 HP dan torsi 33 Nm. Twizy 45 ini mampu mencapai kecepatan tertinggi 45 km/jam. Versi kedua yakni Twizy 80 yang mampu berlari hingga 80 km/jam dengan menggunakan tenaga listrik.

Kali ini detikOto pun menggunakan Twizy 80, karena tenaga yang dihasilkan lebih terasa layaknya tidak mengendarai mobil listrik.

Saat pertama duduk dibalik kemudi, detikOto merasa cukup canggung. Bagaimana tidak? Twizy memiliki ukuran sangat mungil, sehingga penyesuaian jelas diperlukan.

Namun kenyamanan sudah sangat terasa saat menyesuaikan posisi tempat duduk. Twizy terbilang praktis, dengan posisi kursi penumpang di belakang pengemudi, dan sebuah ruang sebesar 31 liter bagian bawahnya seperti lemari yang bisa dikunci, memang dirancang untuk menyimpan tas kerja.

Pedal gas pun mulai ditekan, meski awal responnya tidak terlalu lincah, rupanya saat berjalan tenaga besar begitu terasa. terbukti detikOto berhasil menempuh 80 km/jam dalam waktu singkat. Sayangnya kondisi yang tidak memungkinkan, banyaknya lampu merah dan harus mengutamakan pejalan kaki harus rela mengurangi kecepatan.

Kemudahan mengendarai Twizy juga sangat terasa dengan fitur pengingat, jika ada sesuatu yang salah di kendaraan. Salah satunya dengan tanda bunyi yang cukup membuat si pengendara menyadari ada kesalahan.

Selanjutnya suspensi yang cukup keras juga terbilang berfungsi dengan baik. Karena berkat tubuh mungil, serta memiliki bobot yang ringan suspensi keras membuat Twizy begitu nyaman dan stabil saat dikendarai.



Simak Video "Renault Bakal PHK 15.000 Pekerja, Terbanyak di Prancis!"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)