Benteng Berjalan, Intip Canggihnya Keamanan dan Persenjataan Mobil Dinas Joe Biden

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Kamis, 21 Jan 2021 15:18 WIB
President Joe Biden looks out from the Presidential motorcade during Inauguration Day ceremonies Wednesday, Jan. 20, 2021, in Washington. (AP Photo/Evan Vucci)
Mobil Dinas Joe Biden yang Jadi Benteng Berjalan. Foto: AP/Evan Vucci
Jakarta -

Joe Biden resmi menjadi Presiden Amerika Serikat (AS). Presiden ke-46 AS itu mendapatkan mobil dinas presiden yang super aman. Seberapa aman mobil berjuluk The Beast itu?

Disarikan dari berbagai sumber, Joe Biden akan menggunakan mobil dinas warisan Donald Trump. Mobil Cadillac One itu telah diperbarui dan diserahkan kepada Secret Service sejak 2018 lalu. Mobil ini disebut sebagai benteng berjalan saking amannya. Bahkan, The Beast dianggap sebagai kendaraan teraman di planet ini.

Sebagai pelindung Presiden AS selama perjalanan darat, mobil ini dilengkapi dengan 'baju' antipeluru. Pintu mobil berlapis baja memiliki ketebalan 8 inci atau sekitar 20 cm. Jendelanya juga antipeluru dengan lapisan polikarbonat dan kaca setebal 5 inci atau 12 cm. Konstruksi yang kokoh ini memberi mobil ini interior yang sangat aman bagi Presiden Amerika Serikat.

A U.S. Secret Service agent changes the license plate on President Joe Biden's limousine near the North Portico of the White House, Wednesday, Jan. 20, 2021, in Washington. (AP Photo/Alex Brandon, Pool)A U.S. Secret Service agent changes the license plate on President Joe Biden's limousine near the North Portico of the White House, Wednesday, Jan. 20, 2021, in Washington. (AP Photo/Alex Brandon, Pool) Foto: AP/Alex Brandon

Sebagai mobil untuk orang nomor satu di Amerika Serikat, The Beast harus bisa melindungi Presiden dari segala macam serangan. Sasis mobil ini terbuat dari pelat baja kuat tahan karat. Sasis dibuat untuk bisa menahan serangan bom.

Mobil juga dilengkapi dengan ban berbahan keras, Kevlar dan tahan tusukan. Jika ban diserang, mobil tetap bisa berjalan. Itu juga didukung pelek baja tahan karat kuat yang memungkinkan untuk melaju dengan kecepatan tinggi jika ban mengalami kerusakan dalam serangan apa pun.

President Joe Biden waves as he rides in the presidential limousine following his inauguration, Wednesday, Jan. 20, 2021, at the U.S. Capitol in Washington.(Rod Lamkey/Pool Photo via AP)President Joe Biden waves as he rides in the presidential limousine following his inauguration, Wednesday, Jan. 20, 2021, at the U.S. Capitol in Washington.(Rod Lamkey/Pool Photo via AP) Foto: AP/Rod Lamkey

Mobil dinas kepresidenan Joe Biden memiliki suplai oksigen sendiri di dalam kabin. Presiden memiliki akses ke tombol panik yang menyediakan oksigen ke kabin mobil. Untuk komunikasi, di dalamnya terdapat telepon satelit yang bisa terhubung langsung dengan Wakil Presiden dan Pentagon, markas Departemen Pertahanan Amerika Serikat.

Tangki bahan bakar juga tahan peluru dan dilapisi dengan busa khusus jika terjadi ledakan. Di bagasi mobil terdapat dispenser pelindung asap, gas air mata, dan sistem pemadam kebakaran lengkap. The Beast juga dilengkapi dengan senapan dan meriam gas air mata.

Untuk keadaan darurat, mobil Presiden Amerika Serikat menampung kantong darah dengan golongan darah Presiden.

Sopir The Beast memiliki akses ke pusat komunikasi khusus dan alat pelacak GPS. Pengemudi mobil dinas kepresidenan Joe Biden adalah orang yang terlatih secara khusus dalam mengemudi ekstrem yang mencakup pelarian dan penghindaran.

Mobil dinas Presiden Joe Biden ini disebut memiliki bobot sekitar 6,3 ton hingga 9 ton. Untuk mobil seberat ini, mesin diesel V8 bertenaga 214 daya kuda menjadi sumber tenaganya.



Simak Video " Ini Besaran Gaji Joe Biden Jadi Presiden AS"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)