Honda Brio Lengserkan Toyota Avanza dari Takhta, Gimana di Pasar Mobil Bekas?

Luthfi Anshori - detikOto
Selasa, 19 Jan 2021 18:46 WIB
Honda merilis mobil city car dan LCGC generasi kedua dikembangkan sebagai solusi terbaik untuk memenuhi kebutuhan.
Honda Brio kalahkan Toyota Avanza di kalender penjualan 2020. Foto: Dok. Honda Prospect Motor
Jakarta -

Secara mengejutkan Honda Brio mengalahkan Toyota Avanza di kalender penjualan mobil 2020. Hatchback city car andalan Honda itu mampu mengungguli penjualan mobil sejuta umat Toyota Avanza yang tidak terkalahkan sejak 2006. Lalu bagaimana situasinya di pasar mobil bekas?

General Manager Carsome Indonesia, Delly Nugraha, secara umum mengatakan jika pamor mobil hatchback mulai menyamai kepopuleran mobil low MPV. Bahkan mobil hatchback sesekali mengalahkan penjualan mobil bekas jenis low MPV.

"Saya setuju bahwa memang ada kecenderungan mobil hatchback menggeser mobil low MPV. Di Carsome, penjualan hatchback sempat 'nyundul' antara September sampai November. Tapi untuk menggeser (mobil low MPV), sejauh ini belum ya," kata Delly, dalam diskusi virtual bersama Carsome Indonesia, Selasa (19/1/2021).

Menurut Delly, mobil jenis low MPV seperti Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Nissan Livina, atau Mitsubishi Xpander, posisinya masih sangat kuat dan selalu masuk daftar top sales. Tapi memang penjualan mobil hatchback juga tidak bisa dianggap sebelah mata.

"Suplai ke kami memang cukup tinggi. Jadi misalnya masuk 100 mobil hatchback, 100 nya terjual semua. Tapi tetap mobil low MPV pertumbuhannya jauh lebih besar. Misal hatchback tumbuh 10%, low MPV itu bisa tumbuh 20%," sambungnya.

Sebagai informasi, Toyota Avanza tak lagi menjadi mobil terlaris di Indonesia. Mobil low MPV berjuluk mobil sejuta umat itu tergusur oleh Honda Brio dan Suzuki Carry.

Sepanjang 2020, berdasarkan data penjualan wholesales (distribusi dari pabrik ke dealer) yang dirilis Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mobil terlaris di Indonesia adalah Honda Brio. Kolaborasi Honda Brio RS dan Brio Satya itu terjual sebanyak 40.879 unit.

Di posisi kedua ada Suzuki Carry. Pikap andalan Suzuki tersebut terjual sebanyak 38.072 unit. Baru Toyota Avanza mengisi posisi ketiga. Sepanjang tahun 2020 (Januari-Desember), Toyota menjual Avanza sebanyak 35.754 unit.



Simak Video "Kahitna Bikin Baper Penonton di Festival Toyota Sebangsa Semarang"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/din)