Merek Mobil Bekas Paling Laris di Indonesia 2020

M Luthfi Andika - detikOto
Sabtu, 16 Jan 2021 06:39 WIB
Mobil baru diwacanakan mendapat insentif pembebasan pajak hingga 0 persen. Tapi kebijakan ini dikhawatirkan mengganggu kelangsungan bisnis pedagang mobil bekas.
Ilustrasi mobil bekas Foto: Pradita Utama
Jakarta -

Mobil bekas kerap menjadi pilihan bagi warga yang ingin memiliki kendaraan. Selain harga yang pasti lebih murah lebih murah, fakta bahwa mobil bekas bisa langsung dikendarai jadi poin plus memilih kendaraan seken. Tercatat ada 5 brand mobil bekas yang kerap dipilih pengendara di Indonesia.

Dalam Daihatsu Virtual Press Conference Head of Customer Satisfaction and Value Chain Division PT Astra Daihatsu Motor, Elvina Afny menjelaskan Daihatsu masih menjadi salah satu brand yang diminati masyarakat, termasuk versi mobil bekasnya.

"Merek mobil laris di pasar Mobkas, Daihatsu masih menjadi brand yang diminati di pasar mobil bekas. Berdasarkan data PT Balai lelang Asta Natra Jaya (AUKSI) merek mobil terlaku di pasar lelang 30 persen dikuasai oleh Toyota, 12 persen dikuasai oleh Daihatsu, 7 persen dikuasai oleh Suzuki, 5 persen dikuasai Mitsubishi dan Nissan menguasai pasar mobil bekas sebesar 5 persen," ucap Elvina.

Elvina menambahkan, berdasarkan data Mobil88, Daihatsu juga menduduki posisi kedua setelah Toyota.

"Berdasarkan data Mobil88, merek mobil bekas terlaris masih dikuasai Toyota sebesar 47 persen, Daihatsu 16 persen, Honda 15 persen, Suzuki 8 persen dan merek lainnya sebesar 6 persen," Elvina menambahkan.

Elvina menambahkan berdasarkan beberapa data yang ada model Daihatsu terus menjadi 5 besar dari daftar pencarian mobil bekas di Indonesia.

Mobil baru diwacanakan mendapat insentif pembebasan pajak hingga 0 persen. Tapi kebijakan ini dikhawatirkan mengganggu kelangsungan bisnis pedagang mobil bekas.Mobil baru diwacanakan mendapat insentif pembebasan pajak hingga 0 persen. Tapi kebijakan ini dikhawatirkan mengganggu kelangsungan bisnis pedagang mobil bekas. Foto: Pradita Utama

"Model terlaris di pasar mobil bekas, model Daihatsu selalu berada di top 5 pasar mobil bekas. Berdasarkan sumber OLX Autos, model paling dicari ialah Toyota Innove, Toyota Avanza, Honda Jazz, Daihatsu Xenia dan Honda Brio. Sedangkan berdasarkan data WTC Mangga Dua model mobil bekas yang paling dicari, Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Toyota Innova, Honda Jazz, dan Toyota Yaris," cerita Elvina.

"Selanjutnya berdasarkan data mobil88, pertama Toyota Avanza, Toyota Agya, Daihatsu Xenia, Toyota Calya, dan Honda Brio. Berdasarkan AUKSI, model mobil bekas yang paling banyak dicari pertama Toyota Avanza, Daihatsu Gran Max, Daihatsu Xenia, Suzuki APV, dan Toyota Rush," Elvina menambahkan.

Marketing Director and Corporate Planning & Communication Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Amelia Tjandra menambahkan banyaknya konsumen mencari mobil bekas Daihatsu tidak lain berkat kualitas terbaik yang ditawarkan.

"Orang mencari mobil untuk penggunaan jangka panjang maka mencari peace of mine. Kami di Daihatsu mengerti dan memberikan apa yang bisa memberi kenyamanan kepada konsumen, selain bandel aftersales juga harus kuat," ucap Amel.

"Ini yang menjadi poin, kita harus memberikan peace of mine. Kalau produknya rewel itu tidak akan jangka panjang, untuk itu kami memberikan apa yang dibutuhkan konsumen. Kunci sukses mobil baru dan bekas adalah memberikan cocok untuk masyarakat indonesia, aftersales terjangkau dan mudah di dapat. Itu yang membuat mobil kita diterima dengan baik di masyarakat," Amel menambahkan.



Simak Video "Gokil! Mobil Bekas Dimodifikasi Jadi Musala"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)