Bocoran Mobil Listrik Toyota yang Akan Diproduksi di Indonesia Mulai 2022

Luthfi Anshori - detikOto
Minggu, 20 Des 2020 10:16 WIB
Mobil-mobil elektrifikasi Toyota di Bogor, Jawa Barat.
Toyota ingin buat mobil hybrid dari basis model yang sudah ada. Foto: dok PT Toyota-Astra Motor
Jakarta -

Toyota akan membanjiri industri otomotif Indonesia dengan kendaraan ramah lingkungan, mulai jenis hybrid, battery, fuel cell, maupun plug-in hybrid. Elektrifikasi kendaraan ini sedianya akan mulai dilakukan Toyota pada 2022 mendatang. Ini bocoran mobil listrik Toyota.

Seperti diungkap Direktur Administrasi, Korporasi, dan Hubungan Eksternal PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Bob Azzam, Toyota sudah menyiapkan 10 model mobil listrik, untuk beberapa tahun ke depan.

"Saya sudah sampaikan ada model-model hybrid, kemudian full battery, itu yang kita siapkan. Tapi nanti lebih spesifiknya, kita sampaikan di kesempatan lain," kata Bob dalam acara Virtual End Year Gathering Toyota 2020, belum lama ini.

Lanjut Bob menjelaskan, TMMIN memiliki dua alternatif produksi kendaraan listrik, yakni antara membuat produk yang benar-benar baru atau membuat produk mobil hybrid dari model-model yang sudah eksis di pasaran.

"Jadi kembali lagi seperti yang saya sampaikan, 2022 kita mulai produksi mobil listrik, yaitu hybrid. Ada dua alternatif, membuat model yang baru sama sekali, atau kita meng-hybrid-kan model yang sudah ada," jelas Bob.

"Kalau kita mempertimbangkan industri otomotif yang sudah ada, lebih baik kita meng-hybrid-kan model yang ada. Sehingga kita bisa menjaga supply chain tetap ada, dan teknologi baru bisa kita adopsi. Apalagi kalau model tersebut sudah diterima di pasar ekspor, jadi sekaligus kan untuk domestik dan pasar ekspor. Ya teman-teman sudah bisa baca lah, kira-kira itu model yang mana," tambahnya lagi.

Jika nantinya Toyota mempertimbangkan membuat mobil hybrid dari produk yang sudah eksis di pasaran, diterima konsumen, dan sudah masuk pasar ekspor, maka pilihannya adalah mobil jenis low MPV seperti Avanza atau medium MPV seperti Innova.

"Jadi elektrifikasi ini memang sudah kita persiapkan model-model hybrid kita harap bisa diterima dengan baik di Indonesia," kata Bob.

Sejauh ini Toyota sudah memiliki beberapa model kendaraan ramah lingkungan impor yang dijual di Tanah Air, antara lain Corolla Cross Hybrid, Camry Hybrid, Corolla Altis Hybrid, dan C-HR Hybrid. Toyota juga memiliki satu model mobil listrik murni (full battery) melalui produk Lexus UX 300e, yang baru dirilis baru-baru ini.

Seperti diketahui, tahun 2025 Indonesia membidik penggunaan kendaraan listrik mencapai 20 persen dari total volume kendaraan yang ada.

Pemerintah Indonesia sudah berupaya membuat infrastruktur regulasinya, melalui Perpres No 55 tahun 2019 dan aturan pajak mobil listrik dalam PP Nomor 73 Tahun 2019.



Simak Video "Toyota Aqua, Mobil Rp 260 Jutaan yang Tembus 35.8 Km/Liter"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/rgr)