Toyota Mau Buat Baterai Mobil Listrik yang Bisa Dicas Penuh 10 Menit

Luthfi Anshori - detikOto
Minggu, 13 Des 2020 09:10 WIB
Mobil SUV listrik terbaru Toyota untuk pasar Eropa
Toyota mengembangkan baterai mobil listrik yang bisa dicas dalam 10 menit. Foto: Pool (Autoblog)
Jakarta -

Toyota dikabarkan sedang mengembangkan teknologi baterai mobil listrik yang bisa dicas penuh dalam waktu 10 menit. Tak hanya cepat dalam pengisian ulang daya, baterai ini juga diklaim sanggup menempuh jarak hingga 500 km.

Produsen otomotif asal Jepang, Toyota, disebut-sebut akan segera merilis mobil listrik terbarunya pada tahun depan. Mobil listrik Toyota ini diklaim bakal menggunakan baterai dengan teknologi yang canggih.

Laporan dari Asia Nikkei mengatakan bahwa baterai baru ini memungkinkan mobil listrik menjangkau jarak 500 km, dengan pengisian ulang daya hanya dalam 10 menit.

Jika itu benar terealisasi, maka teknologi baterai Toyota ini berpotensi mengatasi semua masalah yang dihadapi kendaraan listrik, terkait dengan jarak tempuh yang relatif pendek dan waktu pengisian yang cukup lama.

Teknologi baterai bernama solid-state itu sebenarnya bukan barang baru. Sebab Toyota sudah mengerjakan proyek ini sejak tahun 2017 silam. Baterai solid-state bisa menjadi alternatif bagi baterai konvensional lithium-ion yang menggunakan elektrolit aqueous.

Baterai solid-state juga diklaim memiliki arsitektur yang kompak, sehingga tidak akan memenuhi kabin mobil. Lebih dari itu, teknologi baterai ini juga dikatakan sangat aman dan minim risiko kebakaran.

Toyota sendiri sudah mengumumkan jika ia akan segera merilis mobil listrik full baterai pertamanya dengan platform SUV. Kemungkinan besar, mobil ini menggunakan teknologi baterai solid-state terbaru itu.



Simak Video "Toyota Aqua, Mobil Rp 260 Jutaan yang Tembus 35.8 Km/Liter"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/riar)